Kamis, Agustus 18, 2022

Wujudkan DMMD, SPBE dan Smart City, Telkom Siap Support Diskominfo Kabupaten Jayapura

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Sebagai perusahaan milik negara dan juga milik public, PT. Telkom Papua berjanji akan terus berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Jayapura dalam mewujudkan program strategis daerah yakni Distrik Membangun Membangun Distrik  (DMMD), Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Smart City. Hal tersebut diungkapkan General Manager Telkom Papua, Agus Widhiarsana usai pertemuan dengan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T bersama tim di ruang rapat kantor PT.Telkom Papua, jalan Deplat Kanan Jayapura, Kamis (30/6).

Diawali dengan pemaparan singkat Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T mengenai Peran Diskominfo dalam mewujudkan program satu data Distrik Membangun Membangun Distrik dan Smart City. Diskominfo Kabupaten Jayapura telah melancarkan gebrakan dibidang infrastruktur V-sat, ruang pelatihan, internet di kampung, command center, media center, mesin absen serta aplikasi website distrik, kampung, aplikasi satu data SIM Foi, email distrik dan kampung juga SDM.

Untuk itu lewat pertemuan tersebut Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura sekaligus mengharapkan dukungan dan bantuan dari PT. Telkom Papua dalam mewujudkan program strategis pemerintah.

“Sebagai bagian dari stakeholder pembangunan di Indonesia sudah barang tentu PT.Telkom siap support yang terbaik dan dapat kami lakukan kerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura dalam mendukung program strategis daerah baik infrastruktur, solusi-solusi yang kami miliki baik terkait dengan bank data, smart city, aplikasi maupun SDM,” ujar General Manager Telkom Papua, Agus Widhiarsana usai pertemuan.

Setelah mendengar paparan awal Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura, pimpinan PT. Telkom Papua ini menilai Kabupaten Jayapura sudah cukup maju dalam implementasi teknologi informasi yang dioptimalkan untuk kepentingan masyarakat dan juga pemerintahan. Untuk itu melalui pertemuan ini, ia berharap menjadi langkah awal yang baik untuk kolaborasi, banyak hal yang dapat dikembangkan bersama bagaimana pembangunan teknologi informasi di Papua khususnya Kabupaten Jayapura bisa setara dengan daerah lain di Indonesia.

“Tantangan memang banyak sehingga perlu kolaborasi untuk mewujdkan program pembangunan yang terarah, terstruktur, efektif dan efisien baik menyangkut infrastruktur, aplikasi dan SDMnya untuk semakin maju,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T mengatakan pertemuan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menggambarkan cita-cita daerah untuk menjadi digitalisasi dan jantungnya terletak pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di dalamnya sudah meliputi infrastruktur, SDM dan aplikasi.

“Pertemuan ini sekaligus silaturahmi dan saling berbagi untuk rencana ke depan bersama Telkom sebagai mitra Kominfo di wilayah Pemerintah Kabupaten Jayapura. untuk pengembangan aplikasi dan SDM, kami juga minta kepada Telkom untuk dapat mendukung SDM yang ada di Dinas Kominfo dan juga mitra Dinas Kominfo dalam hal ini komunitas pace mace admin TIK atau Pemantik untuk sama-sama kolaborasi,” ujarnya.

Gustaf menambahkan banyak sector yang belum disikapi dengan baik teknologi pendukung ekonomi, perikanan dan lain sebagainya, sehingga tujuan dari pertemuan tersebut selain memberikan gambaran apa yang sudah dilaksanakan Kominfo juga sekaligus meminta support dan solusi dari Telkom apa yang menjadi kekurangan-kekurangan kami untuk dapat diberikan solusi atau rujukan langkah-langkah kedepannya,” katanya.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here