Kamis, Agustus 18, 2022

Wartawan Peliputan PON XX Wajib Tersertifikasi UKW dan Sudah Divaksinasi

Wakil Ketua Umum (Waketum) Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Pdt. Alberth Yoku, S.Th

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Mengantisipasi gelaran nasional PON XX Papua di Klaster Kabupaten Jayapura, Sub PB PON XX/2021 Klaster Kabupaten Jayapura pada hari Jumat (20/8) akan melakukan pelatihan teknis dan tetap melakukan verifikasi terhadap jurnalis yang telah tersertifikasi Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan melakukan peliputan pada saat pelaksanaan PON XX di Klaster Kabupaten Jayapura.

Dikatakan Wakil Ketua Umum (Waketum) II Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Pdt. Alberth Yoku, S.Th, mengatakan, verifikasi itu sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) antara KONI Papua, PB PON XX 2021 Papua dan PWI Papua, maka pihak Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura akan melakukan pelatihan teknis dan juga verifikasi terhadap jurnalis yang telah tersertifikasi UKW.

“Ya, tetap akan dilakukan verifikasi terhadap wartawan peliputan PON. Jadi input data tentang jumlah global itu wajar, tetapi kita harus verifikasi memenuhi syarat itu yang akan kita lakukan dan kita lakukan hingga hari ini saja. Karena hari besok (Jumat, 20/8) sudah masuk simulasi atau pelatihan teknis,” kata Alberth Yoku kepada wartawan media online ini saat ditemui di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (19/8/2021).

Selain sudah tersertifikasi UKW, kata Alberth Yoku, pihaknya juga akan melakukan verifikasi terhadap wartawan yang akan melakukan peliputan PON XX itu apakah sudah di vaksin atau belum.

“Sudah jelas itu, apa yang tadi saya bilang soal verifikasi itu termasuk anda wartawan dari media mana, kemudian memiliki KTP, ketiga telah tersertifikasi UKW dan keempat itu sudah di vaksin. Hal itu sudah menjadi kewajiban dan kebutuhan. Kalau belum tersertifikasi UKW dan juga belum di vaksin, maka kami coret. Jadi sudah tegas kami lakukan itu,” jelasnya dengan nada tegas.

Menjawab Informasi soal pelatihan teknis terhadap wartawan, Alberth Yoku mengakui, pihaknya akan melakukan pelatihan teknis selama dua hari bagi wartawan di Klaster Kabupaten Jayapura dan bertempat di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Jadi hasil pertemuan tadi malam, kami lakukan rapat dengan Bidang I penyelenggara atau pengatur pertandingan itu dalam waktu dekat ini hingga hari Jumat (20/8) menyangkut kegiatan manajemen penyelenggaraan pertandingan di setiap venue Cabor. Nah, itulah yang disebut dengan perangkat pertandingan,” aku pria yang juga sebagai Ketua FKUB Kabupaten Jayapura.

Di pekan ini, Alberth Yoku menyampaikan, kegiatan sudah terfokus pada pemeriksaan atau monitoring evaluasi langsung di arena. “Yang di maksud perangkat pertandingan itu terdiri dari komponen-komponen seperti bidang kesehatan, para wartawan yang akan meliput cabang-cabang olahraga khusus maupun keamanan ini semuanya akan kita lakukan monev dan sekaligus semacam simulasi atau pelatihan itu akan kita lakukan hari Jumat (20/8) esok,” beber pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Sinode GKI di Tanah Papua.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here