Sabtu, April 13, 2024

Warga Doyo Lama Keluhkan Aroma Sampah di TPS, Ini Jawaban Pj Bupati

Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Warga di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, mengeluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah yang dibakar langsung di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) tersebut, yang sangat mengganggu bagi kesehatan anak dan ibu hamil.

Menanggapi hal ini, Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., mengatakan bahwa tempat pembuangan sementara (TPS) di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu itu pemindahannya direncanakan akan dilakukan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Waibron setelah akses jalan selesai dibangun.

“Untuk TPS yang ada ini, yang kurang adalah akses jalan masuknya. Sehingga itu yang kita fokus untuk selesaikan di tahun ini,” ujar Triwarno Purnomo ketika menjawab pertanyaan para awak media, usai dirinya menghadiri Pembukaan Sidang Paripurna I Masa Sidang I di Kantor DPRD Kabupaten Jayapura, Selasa, 31 Januari 2023.

Triwarno menuturkan, saran pengelolaan sampah di TPA Waibron sudah selesai dibangun dan juga sudah siap menampung sampah dari TPS Doyo Lama, Waibu. Namun untuk pembuangan sampah ke TPA Waibron agak sedikit terhambat, karena akses jalan masuk masih dikerjakan.

“Sementara kita tetap lanjutkan pekerjaan di TPA Waibron, itu tidak ada kendala dan tahun inipun bisa selesai. Jadi, semua prasarananya terkait pengelolaan sampah sudah terbangun dan yang kurang adalah akses jalan masuknya saja, sehingga kita fokus selesaikan di tahun ini,” tutur mantan Pjs Bupati Asmat di akhir wawancaranya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here