Senin, Januari 30, 2023

Wabup Giri Wijayantoro Sambut Kedatangan Kontingen Jamnas XI Kabupaten Jayapura

Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro saat menyambut kepulangan Kontingen Jamnas XI Tahun 2022 Kwarcab Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Jayapura, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura. Kamis, 8 September 2022

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Wakamabicab) Kabupaten Jayapura Giri Wijayantoro, menyambut kepulangan kontingen Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis, 8 September 2022.

Giri Wijayantoro yang juga Wakil Bupati Jayapura ini mengatakan, kegiatan dari Gerakan Pramuka ini merupakan pendidikan non formal yang bertujuan membentuk karakter anak bangsa menuju Indonesia yang tangguh dalam menghadapi dunia globalisasi.

“Sebagai wadah untuk peningkatan soft skill bagi peserta didik, Gerakan Pramuka diharapkan dapat mewadahi generasi muda bangsa untuk mengembangkan setiap soft skill yang dimiliki,” ucap Giri Wijayantoro dalam arahannya pada penyambutan Kontingen Jamnas XI Tahun 2022 Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura, Kamis, 8 September 2022.

Rangkaian kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022, yang dilaksanakan di Cibubur, Jakarta, akhirnya resmi berakhir.

Para peserta dari seluruh daerah di Indonesia telah kembali ke wilayahnya masing-masing, tak terkecuali peserta dari Kabupaten Jayapura.

Jamnas XI Tahun 2022 yang dilaksanakan dari tanggal 12-21 Agustus 2022 di Cibubur, Jakarta itu telah usai. “Pertemuan besar Penggalang Pramuka ini di ikuti oleh 11.000 orang Pramuka Penggalang dari seluruh Kwartir Daerah (Kwarda) dan juga Kwarcab di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Wabup Giri mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Jayapura mengucap syukur bisa menerima kembali Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura pulang dalam keadaan selamat, sehat, sukses, aman dan lancar.

Ia mengaku terharu menyambut kontingen Jamnas XI Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura pulang dengan keadaan sehat, ceria dan semangat tinggi, berjuang membawa nama baik Bumi Kenambai Umbai di pentas nasional.

“Atas nama pemerintah daerah, saya ucapkan banyak terima kasih. Karena kalian telah mengharumkan dan membawa nama baik Kabupaten Jayapura di pentas Jambore Nasional yang ke XI tahun 2022 di Jakarta,” ucapnya.

“Kami juga sampaikan terima kasih kepada pembina Pramuka yang telah membina dan membentuk karakter anggota Pramuka hingga bisa mengikuti gelaran nasional ini, ” kata Giri.

“Berdasarkan laporan yang saya terima, adik-adik telah mengikuti berbagai kegiatan di Jamnas XI ini seperti spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik dengan baik dan lancar,” tambahnya.

Ia pun berharap agar seluruh anggota Pramuka yang telah selesai mengikuti kegiatan Jamnas ke-XI, agar dapat memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang didapatnya.

“Saya berpesan agar ilmu dan pengetahuan yang diperoleh saat mengikuti Jamnas XI agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bagikan ilmu dan pengetahuan tersebut kepada teman-teman,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura Alex R. Dusay, S.H., mengaku bersyukur karena Kontingen Jamnas XI Kwarcab Kabupaten Jayapura kembali dengan kondisi sehat, gembira dan ceria.

“Terima kasih juga buat anak-anak yang dengan semangat tinggi bisa menyelesaikan agenda Jamnas XI. Mereka juga aktif mengikuti berbagai kegiatan selama pelaksanaan Jamnas XI yang berlangsung kurang lebih satu pekan ini,” ucap kakak Alex Dusay.

“Kemudian, kami bersyukur akhirnya anak-anak tidak ada yang sakit dan semuanya pulang dalam keadaan sehat hingga bisa aktif mengikuti full kegiatan. Serta, anak-anak pulang membawa keceriaan,” ungkap mantan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura ini menambahkan.

Di samping itu, tidak kalah penting juga ucapkan terima terima kasih kepada Kamabicab yang juga bapak Bupati Jayapura Mathius Awoitauw bisa hadir langsung mengunjungi kontingen Jamnas XI Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura saat pelaksanaan Jamnas XI tahun 2022 di Cibubur, Jakarta.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Kamabicab, bapa Bupati bisa hadir di perkemahan dan bisa melihat langsung adik-adik di lokasi Jamnas XI,” ucap Alex Dusay yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura ini.

“Dan selama di sana banyak kegiatan dan pengalaman baru yang didapat oleh kontingen kita. Yakni, kegiatan keagamaan, kebudayaan, IT dan sosial bhakti itu, mereka semua ikuti dan mampu menyelesaikan semua kegiatan yang padat selama di bumi perkemahan. Jadi, mereka sangat hebat dan luar biasa. Semoga ini bisa diteruskan ke rekan-rekan di Kabupaten Jayapura dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Alex Dusay.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here