Jumat, Januari 27, 2023

Wabup Giri Irup Peringatan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2022

Wakil Bupati Jayapura Giri selaku Inspektur Upacara ketika memberikan bendera Merah Putih kepada petugas pengibar bendera dalam hal ini pembawa baki Fransiska Rumfabe

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Upacara peringatan ke 77 hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 Kabupaten Jayapura, dipusatkan di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu, 17 Agustus 2022.

Sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, bertindak sebagai Komandan Upacara atau selaku Perwira Upacara Lettu Inf. Ganang Kurnia Aditama, Komandan Kompi Khusus Yonif RK 751/VJS.

Petugas pengibar bendera terdiri dari pembawa baki Fransiska Rumfabe (SMKN 5 Penerbangan Waibu), merupakan putri dari bapak Oktovianus Rumfabe dan Martha Mince Suebu.

Bertindak selaku penggerek bendera Gabriel Meterai (SMA YPPK Asisi Sentani), merupakan putra dari bapak Fransisko Meterai dan ibu Clara Yusniati.

Bertindak selaku pembentang bendera Daniel Fritias (SMAN 1 Sentani), merupakan putra dari bapak Korneles Yat dn ibu Ludia Wetiap.

Komandan Kompi Paskibraka Letda Inf Ashar Kalin Mubarok, Komandan Pleton 1 Kompi Senapan C Yonif RK 751/VJS.

Perlu juga diketahui, selaku Komandan Kelompok 17 Paskibraka adalah Rionaldo Abisay (SMAN 1 Sentani), merupakan putra dari bapak Sefnat Abisay dan ibu Susana Pagaja.

Bertindak selaku Komandan Kelompok 8 Arifin Wally (SMKN 5 Penerbangan Waibu), merupakan putra dari bapak Buce Wally dan ibu Sofia Numberi.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang sedang berada di Istana Negara Jakarta mengikuti Peringatan HUT ke-77/Kemerdekaan RI Tingkat Nasional.

Pembaca teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo dan doa dipimpin oleh Kakankemenag Kabupaten Jayapura Steven Wonmaly.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 tingkat Kabupaten Jayapura berlangsung aman dan lancar.

Usai memimpin jalannya upacara, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro mengajak masyarakat di Kabupaten Jayapura khususnya dan Papua pada umumnya, untuk bersama pulih lebih cepat bangkit lebih kuat sesuai dengan tag line HUT RI Ke-77 Tahun ini.

“Pesannya jelas ya, pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk kita semua. Walaupun kita di ujung timur, namun semangatnya luar biasa dalam menyongsong masa depan Papua,” ujar Wabup Giri Wijayantoro.

Dirinya tidak lupa memberi apresiasi kepada seluruh warga di Kabupaten Jayapura yang telah menyambut HUT RI Ke-77 Tahun 2022 dengan berbagai atributnya.

“Saya kira Papua itu akan lebih kokoh dibanding dengan daerah-daerah yang lain, karena Papua memiliki ketersediaan pangan yang luar biasa yaitu, sagu yang sudah ada di alam,” ungkapnya.

Untuk itu, Giri berharap ke depannya SDM di Papua bisa lebih hebat dari pada hari ini dan bagaimana memproduksi sesuatu yang bisa diterima secara global sehingga membuat Kabupaten Jayapura semakin kokoh bersama semangat api perjuangan kemerdekaan.

Untuk diketahui bahwa pengibaran bendera dilaksanakan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang merupakan putra-putri terbaik di Kabupaten Jayapura dibawa binaan dan asuhan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura.

Sementara pada Upacara Penurunan Bendera yang berlangsung sore harinya, bertindak selaku Inpektur Upacara adalah Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here