Senin, Agustus 8, 2022

Universitas Muhammadiyah Papua Jalin Kerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura

Nampak Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T., saat menandatangani nota kesepahaman MoU dengan Universitas Muhammadiyah Papua.

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.idUniversitas Muhammadiyah Papua Jalin Kerja Sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura – Universitas Muhammadiyah Papua (UMP) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) denganDinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Kamis (20/1/2022) lalu.

Penandatanganan MoU ini merupakan bagian dari acara Workshop Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Papua (UMP) pada pekan lalu di salah satu hotel di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Tujuan dari penandatanganan nota kesepahaman kerja sama ini adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan Universitas Muhammadiyah Papua dalam ilmu pengetahuan keterampilan dan soft skill yang sekaligus menjadi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari project independent mahasiswa dari semua fakultas di UMP.

Kerja sama ini meliputi ruang lingkup pelaksanaan magang (praktek kerja), pertukaran mahasiswa, asistensi mengajar, penelitian atau riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha dan KKN tematik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T., menjelaskan, bahwa bentuk kerja sama ini merupakan program kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) studi atau project independent mahasiswa UMP. Selain itu, dalam kerja sama ini ada delapan (8) poin program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Penandatanganan nota kesepahaman MoU antara Universitas Muhammadiyah Papua (UMP) dengan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Nah, di dalam program itu meliputi 8 kegiatan yang akan dilaksanakan dengan mitra oleh Universitas Muhammadiyah Papua itu diantaranya pertukaran mahasiswa, magang atau praktek kerja, juga ada asistensi mengajar, penelitian atau riset,” ujar Gustaf Griapon ketika dikonfirmasi wartawan media online ini, Jumat (28/1/2022).

“Kemudian, ada proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independen dan KKN Tematik,” sambungnya.

Kadis Kominfo Gustaf Griapon menjelaskan, tujuan dari kerja sama ini meningkatkan kompetensi lulusan dari Universitas Muhammadiyah Papua dalam ilmu pengetahuan keterampilan atau soft skill dari pada mahasiswa lulusan UMP.

“Pada prinsipnya, kami dari Dinas Kominfo sudah sering kerja sama dengan berbagai universitas atau perguruan tinggi swasta yang ada di Papua khususnya di Jayapura. Bukan hanya dengan Universitas Muhammadiyah Papua saja, kami pernah mengadakan kerja sama dengan Universitas Cenderawasih, USTJ, STIE Ottow Geisler dan STIH Umel Mandiri,” terangnya.

“Kerja sama ini luar biasa, karena baru pertama kalinya kami diundang dalam kegiatan workshop kurikulum MBKM yang telah diselenggarakan oleh mereka di Jayapura, guna memberikan masukan-masukan terkait dengan program MBKM itu. Kami selalu menjadikan Dinas Kominfo ini sebagai rumah bersama, kemudian mereka bisa lakukan praktek kerja dan program kegiatan lainnya sesuai dengan delapan poin dalam kerja sama tersebut,” tukas Gustaf Griapon yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here