Selasa, Juli 23, 2024

TVRI Apresiasi Layanan Penyiaran Digital dan Infrastruktur Komunikasi Kabupaten Jayapura

Pertemuan sekaligus membahas hal teknis antara Crew TVRI Papua bersama Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T., M.Sos bertempat di ruang Kepala Diskominfo. Kamis (30 Maret 2023)

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Televisi Republik Indonesia atau yang disingkat dengan TVRI adalah jaringan televisi publik berskala nasional di Indonesia mengapresiasi Layanan Penyiaran Digital dan Infrastruktur Komunikasi Kabupaten Jayapura.

Salah satu bentuk apresiasinya melalui program acara Jendela Negeri TVRI bakal menyiarkan kemajuan Kabupaten Jayapura ke seluruh pelosok negeri.

“TVRI Punya program acara Jendela Negeri, menghadirkan informasi-informasi aktual terkait bagaimana pembinaan pembangunan di daerah, atau isu-isu penting dan menjadi perhatian publik. Tema TVRI untuk hari sabtu tanggal 1 April 2023 adalah terkait dengan layanan penyiaran digital di Kabupaten Jayapura termasuk kesiapan infrastruktur komunikasinya,” ujar Hesty Kere selaku Produser Acara Jendela Negeri – Pada Stasiun TVRI Papua bersama crew saat bertandang ke kantor Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Kamis (30/3).

Terkait layanan penyiaran digital di Kabupaten Jayapura, menurut Hesty teknisnya akan mewawancarai Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, di mana era sekarang ini banyak sekali channel-channel youtube yang hadir, televisi-televisi yang hadir, ada yang menggunakan antena siaran dengan proses penyiaran yang bisa sampai menggunakan satelit, tetapi ada juga yang menggunakan media sosial.

“Nah, penyiaran-penyiaran inilah yang bagaimana kemudian dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Kominfo dengan mendirikan Sentani TV dan ada beberapa Media Informasi untuk Kabupaten Jayapura dan juga menyiapkan infrastruktur dasarnya termasuk jaringan telekomunikasi hingga sampai ke kampung-kampung, untuk itu kita anggap penting bahwa Kominfo Kabupaten Jayapura bisa menjadi narasumber pada acara jendela negeri.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T., M.Sos menyambut baik pihak TVRI Papua yang telah memilih Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura berkaitan dengan Tema dimaksud.

“Ini merupakan capaian-capaian pembangunan Kabupaten Jayapura yang luar biasa, artinya, melalui Dinas Kominfo, ada pembahasan tower, ada akselarasi yang sudah kita lakukan baik Indosat, baik Telkomsel, kemudian dari BAKTI dan juga tower-tower MCP. Kemudian menampilkan penyiaran digitalisasi di mana teman-teman di Dinas Kominfo mengelola streaming Sentani TV dan media publikasi yang dikelola langsung oleh Dinas Kominfo,” ujarnya.

Menurut Gustaf, hal ini menunjukkan bahwa di era digitalisasi dan IT saat ini Pemerintah Daerah tidak harus membangun TV yang mahal, tetapi bisa memanfaatkan sarana IT untuk bisa menyampaikan pesan-pesan pembangunan, baik lewat streaming Youtube Sentani TV, Lewat Website jayapurakab.go.id, lewat media social Pemda, ada Facebook, Twitter, Instagram, Tik Tok, dan juga Dinas Kominfo sendiri juga punya Tik Tok, Facebook, Instagram, dan Website dinaskominfo.jayapurakab.go.id.

“Kita juga memberikan apresiasi kepada TVRI yang telah melirik keberhasilan yang selama ini dicapai dan diberitakan secara luas, akhirnya masyarakat di luar Papua juga bisa mengetahui bahwa ada program-program nasional yang dapat diimplementasikan di Kabupaten Jayapura dengan baik, dengan nyaman, bagaimana masyarakat menerima pembangunan ini dengan senang hati,” cetusnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here