Minggu, Januari 29, 2023

Turnamen Sepak Bola KKSS Kabupaten Jayapura Cup I Sukses Digelar, HKPM Juara I

Tim kesebelasan HKPM usai berhasil meraih juara I dalam turnamen sepak bola KKSS Cup I Tahun 2022

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Turnamen sepak bola antar pilar KKSS Cup I Tahun 2022, resmi ditutup pada Rabu, 21 September 2022 malam oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Jayapura, Yaan Yoku.

Penutupan itu diselenggarakan di Stadion Barnabas Youwe, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, usai pertandingan partai final yang dimenangkan tim HKPM (Pangkep Maros) atas KKS (Soppeng) dengan skor 1-0 lewat gol yang diciptakan oleh pemain HKPM Asrul melalui tendangan pinalti di babak pertama.

Selain dihadiri Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura Wagus Hidayat dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Jayapura Yaan Yoku, acara penutupan turnamen itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Muhammad Akbar, Ketua BPD Forum Sopan Kabupaten Jayapura Abd Karim, tokoh pemuda Billy Suwae, Ketua PHRI Kabupaten Jayapura Bambang Zulhadi, para sesepuh dan ketua-ketua pilar di BPD KKSS Kabupaten Jayapura, serta para tim.

Dalam laporannya, Sudirman Angga Saputra, Ketua Panitia Turnamen Antar Pilar KKSS Kabupaten Jayapura mengatakan, turnamen ini dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi antar warga KKSS Kabupaten Jayapura dan juga untuk mencari bibit-bibit pemain sepak bola yang nantinya mewakili tim KKSS dalam turnamen sepak bola berikutnya yang diadakan di tingkat kabupaten maupun provinsi.

“Jadi, turnamen ini merupakan program kerja di bidang pemuda dan olahraga BPD KKSS Kabupaten Jayapura yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar warga KKSS dari masing-masing pilar,” katanya.

“Untuk itu, kami ucapkan terima kasih Ketua KKSS Kabupaten Jayapura. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura dan semua pihak yang telah membantu, sehingga turnamen tersebut sukses digelar, serta kepada segenap panitia yang tetap semangat hingga turnamen ini selesai dilaksanakan,” ucap Sudirman Angga Saputra menambahkan.

Sementara itu, Ketua BPD KKSS Kabupaten Jayapura Wagus Hidayat kepada wartawan mengucapkan selamat kepada para pemenang. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia, tim kesebelasan, para wasit dan warga KKSS atas dukungannya, sehingga turnamen sepak bola tersebut sukses digelar.

“Alhamdulillah, turnamen ini berjalan lancar, tertib dan aman hingga penutupan hari ini. Walaupun ada sedikit intrik-intrik, tapi itulah pertandingan sepak bola,” ucap pria yang akrab disapa Dayat ini.

Ke depan lanjutnya, sebelum pak Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga sampaikan terkait untuk melibatkan para pemain sepak bola asli Papua dalam setiap turnamen sepak bola KKSS yang akan dilakukan selanjutnya, kami sudah merumuskan hal tersebut. Nantinya ada pemain naturalisasi (peranakan) dari Sulawesi Selatan itu sendiri sebanyak lima orang dan untuk pemain di luar Sulawesi Selatan atau orang asli Papua ada dua orang yang akan direkrut oleh setiap tim dari masing-masing pilar di KKSS.

Hal itu sudah pasti dilakukan oleh KKSS Kabupaten Jayapura dan akan berlaku di turnamen sepak bola antar pilar KKSS Cup II.

“Kami akan kembali menggelar turnamen sepak bola KKSS Kabupaten Jayapura Cup II itu paling lambat enam bulan setelah turnamen pertama ini selesai dilaksanakan atau dalam setahun itu ada dua kali turnamen sepak bola yang akan kami laksanakan,” papar mantan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura ini.

Dirinya juga berharap, melalui turnamen ini, kedepannya akan lahir bibit-bibit pemain sepak bola handal yang bisa membanggakan Kabupaten Jayapura dan Papua pada umumnya.

Sebelumnya, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Jayapura Yaan Yoku mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi tinggi kepada KKSS Kabupaten Jayapura yang telah sukses menggelar turnamen sepak bola itu.

Tak lupa, Yaan Yoku juga berterima kasih kepada panitia pelaksana turnamen sepak bola yang telah bekerja sekuat tenaga mensukseskan event tersebut.

“Pertama, kami dari pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada KKSS yang telah menyelenggarakan turnamen ini. Kegiatan ini sangat positif, sangat bagus dan animonya juga sangat luar biasa sekali. Turnamen ini memang dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi dan juga hubungan kekerabatan di tanah rantau. Namun kedepannya, kami harap turnamen ini bisa melibatkan anak-anak asli Papua di dalamnya. Supaya kegembiraan ini tidak hanya menjadi milik warga Sulawesi Selatan yang ada di sini,” tuturnya.

Akan tetapi, juga bisa memberikan bagian ini menjadi sama-sama dinikmati oleh seluruh masyarakat Papua yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Kegiatan ini sangat bagus dan positif, kami dari pemerintah daerah berharap adanya kegiatan ini dengan sendirinya olahraga menjadi tumbuh. Karena muaranya yang terakhir, itu kan bisa dari event ini dapat melahirkan atlet-atlet yang unggul di sepak bola dan bisa rutin diadakan setiap tahun oleh KKSS. Sehingga kita bisa mengukur sejauh mana pembinaan yang dilakukan tim-tim di daerah ini khususnya oleh pilar-pilar yang ada di KKSS itu sendiri,” pungkas pria yang juga salah satu Wakil Ketua di KONI Kabupaten Jayapura tersebut.

Diketahui, pada turnamen itu, kesebelasan HKPM (Pangkep Maros) berhasil meraih juara 2 yang menerima piala, tropi dan uang pembinaan sebesar 7 juta rupiah. Sementara, kesebelasan KKS (Soppeng) yang meraih juara II memperoleh tropi serta uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah. Selanjutnya, Spin United meraih juara III mendapat tropi dan uang pembinaan sebesar 4 juta rupiah. Dan, juara IV (harapan I) tim HIKMA (Enrekang) mendapat tropi dan uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here