Minggu, Juli 21, 2024

TPID Kabupaten Jayapura Sidak Harga Sembako di Kota Sentani

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Menjelang Idul Fitri 1445H tahun 2024, Tim Pengendalian Inflasi Daerah, (TPID) Kabupaten Jayapura melakukan sidak harga sembako di beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Kota Sentani.

Sidak tersebut dipimpin langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura, Delila Giay yang diawali dengan apel bersama di halaman parkiran Bupati Jayapura, Rabu, 27/3/2024.

Sidak bapok yang dilakukan oleh TPID diantaranya pasar Phara, sidak dilanjutkan ke Holandia lampu merah Sentani tentang ketersediaan daging ayam potong. Lalu ke SPBU Sentani, Distributor Telur Cakra Flavouw, CV. Samalona, Indomaret samping gereja Onomi Flavouw dan berakhir di pabrik tahu tempe jalan Makendang.

Delila Giay menjelaskan, sidak ini dilakukan Pemkab Jayapura untuk memastikan juga ketersediaan bahan pokok (Bapok) termasuk harganya aman dan stabil jelang lebaran terutama di pasar.

Delila mengungkapkan dari sidak yang dilakukan, pedagang menyampaikan ketersediaan stok menjelang lebaran masih stabil.

Dari sidak yang dilakukan, ditemukan sejumlah komoditas yang tidak berasal dari Kabupaten Jayapura.

“Kita akan evaluasi bersama dengan perangkat perekonomian terutama komoditas yang dijual namun didatangkan dari luar Kabupaten Jayapura seperti, telur dari Keerom, Koya dan Arso termasuk Kota Jayapura,” paparnya.

Dengan melihat secara langsung kita tahu apa yang menjadi persoalan.

“Selama ini kita menanam hingga panen terus hasilnya dijual ke mana, sehingga hal itu menjadi perhatian kita bersama dalam evaluasi yang akan dilakukan nanti,” ucapnya.

Salah satu contoh kata Delila, komoditas telur waktu sidak didatangkan juga dari Koya, Arso, dan Kota Jayapura, ini tak benar, sehingga kita harus evaluasi.

Ini Kabupaten tertua, masa tidak mampu memenuhi komoditas untuk kabupaten kita sendiri.

”OPD teknis yang mengurusnya harus benar-benar pikirkan cara, ini sangat memalukan sekali menurutnya, termasuk ikan juga didatangkan dari Hamadi padahal Kabupaten Jayapura punya laut sampai di pasir II,” jelasnya.

“Mengenai harga Ia mengatakan masih stabil begitu juga stok masih tersedia hingga lebaran termasuk komoditas telur juga stabil,” tutupnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here