Jumat, Januari 27, 2023

Testimoni Masyarakat Terkait PORKAB II Kabupaten Jayapura Tahun 2022

Ibu-ibu Pedagang saat di wawancarai di seputaran lokasi lapangan SBY.

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) II Kabupaten Jayapura Tahun 2022, yang digelar sejak Tanggal 08 Juli 2022 sampai Tanggal 18 Juli 2022 dan diikuti oleh 17 (Tujuh Belas) Cabang Olahraga, berlangsung di beberapa Venue yang ada di Kabupaten Jayapura, tidak hanya sebagai hiburan tetapi sebagai media untuk raih prestasi di bidang Olahraga bagi para generasi muda Kabupaten Jayapura, dengan menjadi bibit-bibit unggul yang kedepannya diharapkan dapat membawa nama Kabupaten Jayapura baik di tingkat Provinsi, Tingkat Nasional bahkan Internasional.

Robert Ondi (Masyarakat) menyampaikan kiranya melalui PORKAB ini, perkembangan atlet-atlet di Kabupaten Jayapura lebih baik lagi dan berpotensi ke depan untuk bagaimana nama baik Kabupaten dibawa ke event-event selanjutnya yang lebih besar lagi, baik tingkat Nasional maupun Internasional.

“Harapan buat para atlet Kabupaten Jayapura yang akan ikut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) nanti mudah-mudahan lebih maksimal lagi dan para atlet bisa dibenahi lebih baik lagi. Pihak Pemerintah bisa melihat profesionalisme dari atlet-atlet tersebut, juga dapat membawa nama Kabupaten Jayapura lebih baik ke depannya,” ucapnya.

Maurits Kallem (Masyarakat) dalam kesempatan lain mengatakan “mengenai PORKAB yang telah berlangsung selama beberapa hari ini dari Tanggal 8 Juli sampai pada hari ini penutupan, kami sebagai masyarakat merasa bangga karena Pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Jayapura melihat bahwa sudah lama sekali tidak ada kegiatan seperti ini, sehingga banyak sekali pemuda-pemudi yang terlibat jauh dari bidang olahraga sehingga kemarin kita bisa lihat dalam ajang PON XX, banyak sekali atlet yang dipakai bukan dari Kabupaten Jayapura, dan itu sangat disayangkan.

“Harapan kami sebagai warga masyarakat Kabupaten Jayapura bahwa kegiatan semacam ini kalau bisa, dilaksanakan setiap dua tahun (2) sekali paling cepat, paling lambat empat (4) tahun sekali. Sehingga potensi dari bibit-bibit atlet di Kabupaten Jayapura bisa dimaksimalkan, bisa dilatih dan dibina untuk ke depan,” harapnya.

“Harapan untuk para atlet yang akan ikut Porprov mendatang, harus tunjukan yang terbaik. Setidaknya apa yang sudah ada dari dulu, yaitu Kabupaten Jayapura yang merupakan gudang atlet, yang disumbangkan baik tingkat Provinsi, Tingkat Nasional bahkan internasional, Kabupaten Jayapura adalah gudangnya. Jadi harapan kami, Kabupaten Jayapura harus di urutan satu untuk perolehan medali emas,” tutupnya.

DAMPAK EKONOMI

Kurang lebih sepuluh (10) hari sejak tanggal 08 Juli – 18 Juli 2022 Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) II Kabupaten Jayapura Tahun 2022 berlangsung dan memberi dampak positif terhadap para pedagang di sekitar Stadion Barnabas Youwe (SBY), Sentani.

Salah satu pedagang yang berjualan di sekitar Stadion Barnabas Youwe Sentani, Ibu Sani mengatakan, meski baru dua hari berjualan tetapi keuntungannya lumayan dan jualan saya laris manis.

“untuk sehari-hari biasa saya berjualan pinang di Pasar Lama, tetapi setelah mendengar adanya kegiatan PORKAB ini saya berjualan di sini. Alhamdulillah pembelinya rame, jadi pendapatannya juga ikut naik,” tambahnya.

Pedagang lainnya, yakni Mama Hendrika  Manuri juga mendapat keuntungan yang sama.

“saya setiap hari berjualan di sini, bukan hanya PORKAB saja tapi setiap hari,” katanya.

“dengan adanya PORKAB ini saya sangat senang karena saya punya jualan laris dari pagi karena ramai, jadi kalau jualan habis semua saya bisa dapat Rp. 500 ribu satu hari, tapi kalau epi saya biasa dapat Rp. 150 – 200 ribu satu hari,” ungkapnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here