Rabu, April 24, 2024

Tekan Laju Inflasi, Pemkab Jayapura Kembali Gelar Pasar Murah

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., saat menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada salah satu warga di Halaman Kantor Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Kamis, 29 Desember 2022

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Dalam rangka menekan laju inflasi serta menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan kembali menggelar pasar murah.

Pasar murah yang sebelumnya sudah dilaksanakan di beberapa lokasi di tiga Distrik yang ada di Kabupaten Jayapura. Kali ini, pasar murah dilaksanakan di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Kegiatan pasar murah ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., didampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura John Wiclif Tegay, Kepala Disperindag Theophilus Hendrik Tegai, Kepala Dinas TPH David Anjang Zakaria, Plt. Kepala Disbunnak Ganefo, Kepala DPMK Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra, Kepala Distrik Sentani Timur Eslie Suangburaro dan Kapolsek Sentani Timur Itu Dr. Yohan Ongge.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Triwarno juga sekaligus menyapa masyarakat secara langsung setelah dirinya ditunjuk oleh mendagri untuk menjabat Bupati Jayapura. Usai membuka pasar murah tersebut, Pj Bupati Triwarno meninjau kondisi Kantor Distrik Sentani Timur dan pelaksanaan operasi pasar murah.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu berharap kepada dinas-dinas terkait, supaya wajib mensinergikan seluruh program-program kegiatan pembangunan dengan pemerintahan atasan. Baik itu, pemerintah Provinsi Papua juga termasuk Pemerintah Pusat.

“Tema pembangunan kita, 2022 dan 2023 ini adalah kesinambungan program dan kegiatan untuk pemulihan ekonomi nasional,” ujar Pj. Bupati Jayapura Triwarno Purnomo kepada wartawan disela-sela kegiatan pasar murah tersebut, Kamis, 29 Desember 2022.

Termasuk mengawal reformasi struktural. Pada kesempatan itu, dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap optimis dalam situasi yang sudah diketahui bersama saat ini terutama bagaimana masyarakat cukup kesulitan untuk mendapatkan sembako dengan harga yang terjangkau.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sudah mengupayakan untuk melakukan sidak dan juga operasi pasar dalam rangka untuk membentuk pasar murah.

“Harapan kami, bahwa bagian dari kepedulian dan solidaritas kepada saudara-saudara kita yang terkait dengan situasi yang ada. Kemudian, daya belinya menurun dan itu tanggung jawab pemerintah untuk menghadirkan sembako dengan harga yang terjangkau,” paparnya.

Karena itu, pada kesempatan itu juga dia meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar bisa mengagendakan kegiatan itu dua (2) bulan sekali.

“Program dan kegiatan kita tujuannya untuk pemulihan ekonomi nasional. Bagaimana Indonesia, Papua dan Kabupaten Jayapura untuk pulih lebih cepat dan ini menjadi hal yang prioritas. Tadi saya sudah bilang ke Kepala Dinas Perindag untuk dihitung semua, kita siapkan dan kita jalankan. Tahun depan kita jalankan ini ya, kita usahakan agar bisa sekali dalam dua bulan,” tukasnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here