Minggu, Juli 21, 2024

Tekan Inflasi Jelang Lebaran, Pemkab Jayapura Gelar Pasar Murah di Empat Distrik

Sekda Kabupaten Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.Kp didampingi Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T., M.SOs ketika meninjau kegiatan pasar murah di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura. Jumat, 14 April 2023

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menggelar pasar murah di empat distrik yang ada di empat wilayah pembangunan (WP) secara bertahap. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya menekan inflasi menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023.

“Mulai hari ini kita laksanakan pasar murah di empat titik yakni, pertama di Gunung Merah, kedua di Depapre, kemudian di Nimbokrang dan Yapsi. Jadi, ada empat titik yang kita lakukan pasar murah secara bertahap sebelum Lebaran,” kata Sekda Kabupaten Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.Kp., didampingi Kepala Dinas Kominfo Gustaf Griapon dan Asisten II Bidang Perekonomian Delila Giay ketika dikonfirmasi wartawan disela-sela kegiatan tersebut, Jumat, 14 April 2023.

“Jadi, hari ini kita lakukan di Gunung Merah, besok di Depapre, kemudian hari Senin (17/4) pekan depan di Nimbokrang dan Selasa (18/4) di Yapsi. Dengan berbagai stok item kebutuhan pokok yang dijual seperti minyak tanah, bahan pangan terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, sayuran-sayuran segar, kemudian ada sembako yang terdiri dari beras, susu, daging, telur, minyak goreng dan ikan segar,” tambah Mama Sekda sapaan akrabnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura Delila Giay mengatakan, kegiatan pasar murah ini tidak berlangsung serentak. Namun digilir di empat distrik yang ada di empat wilayah pembangunan.

“Untuk Sentani Kota dan sekitarnya untuk hari ini di Gunung Merah, Depapre 15 April, Nimbokrang 17 April dan Yapsi 18 April,” urai mantan Kepala DPMPTSP Kabupaten Jayapura ini.

Menurutnya, pasar murah ini disubsidi pemerintah senilai Rp 1 miliar untuk pengendalian inflasi daerah.

“Sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, bahwa dana subsidi itu dari dana BTT. Jadi, kami dari pemerintah daerah Kabupaten Jayapura telah mengajukan permintaan dana dan telah disetujui untuk dana tahap pertama itu sebesar 1 miliar rupiah, sehingga dana-dana itu kita gunakan untuk langkah-langkah konkret diantaranya itu membuka lahan untuk kebun cabai. Ya, dana-dana subsidi itu dari dana untuk pengendalian inflasi yang sebesar 1 miliar,” tuturnya.

“Misalnya harga untuk minyak goreng itu sekitar 14 ribu, kemudian kita dari pemerintah berikan subsidi sekitar 2 ribu dan masyarakat membeli di pasar murah itu 12 ribu. Begitu juga dengan harga telur 1 rak yang di pasaran harganya 60 ribu sampai 70 ribu itu dijual di pasar murah 50 ribu untuk 1 rak telur, kemudian harga minyak tanah satu liter itu dijual 3 ribu dari harga pasaran sekitar 4 ribu,” pungkas mantan Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura ini.

Berikut jadwal dan titik pasar murah yang tersebar di empat distrik di empat wilayah pembangunan yang ada di Kabupaten Jayapura:

  1. Wilayah Pembangunan I Jumat, 14 April 2023 di Gunung Merah Kantor Bupati Jayapura
  2. Wilayah Pembangunan II Sabtu, 15 April 2023 di Distrik Depapre
  3. Wilayah Pembangunan III Senin, 17 April 2023 di Distrik Nimbokrang
  4. Wilayah Pembangunan IV Selasa, 18 April 2023 di Distrik Yapsi

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here