Minggu, Juli 21, 2024

Taman Pholeuw Milik Pemkab Jayapura Bakal Dikelola PT Efata Papua Sejahtera

Wakil Ketua Tim Percepatan Pemanfaatan Aset Pemkab Jayapura yang juga Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Pholeuw Park atau Taman Pholeuw milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura akan direvitalisasi agar lebih indah dan cantik. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Taman Pholeuw ini bakal dikelola oleh Efata.

Ketua Tim Percepatan Pemanfaatan Aset Pemkab Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.Kp., melalui Wakilnya Parson Horota mengatakan, pengelolaan Taman Pholeuw akan dikerjakan oleh pihak ketiga.

“Ya, itu memang aset pemerintah daerah yang telah kita bangun dan kalau kita bangun terus Pemda yang kelola itukan aturannya ada. Tidak mungkin Pemda yang melakukan pengelolaan bayaran itu untuk menghasilkan sesuatu bagi Pemda. Pemerintah daerah pu kaki tangan itu misalnya perusda, tapi kalau perusda juga tidak bisa berarti kan kita cari pihak lain yang mau mengelola aset tersebut,” kata Parson Horota ketika dihubungi wartawan media online ini via telepon seluler, Rabu, 3 Mei 2023.

Parson Horota juga menyebutkan, pengelolaan Taman Pholeuw (Pholeuw Park) yang merupakan aset Pemda Kabupaten Jayapura akan diserahkan kepada pihak ketiga.

“Nah, syukurlah ada pihak ketiga yang mau memanfaatkan tempat itu lebih berfungsi, bermanfaat dan bisa menjadi tempat lebih nyaman untuk masyarakat Kabupaten Jayapura memanfaatkan dengan baik. Mau tidak mau kami di Pemda kerjasamakan dengan pihak ketiga, sehingga aset milik Pemda itu yang sudah dibangun dengan anggaran (APBD) itu bisa menghasilkan pendapatan untuk daerah ini,” sebutnya.

“Kalau sementara ini kami dengan Efata (PT. Efata Papua Sejahtera), dan untuk opening direncanakan minggu depan kalau tidak ada halangan. Karena kita berharap pak Pj Bupati ada, biar pak Pj yang lakukan opening bersama dengan pihak ketiga sekaligus. Apalagi ibu Sekda selaku ketua tim percepatan masih berada di luar kota, juga kami pejabat lainnya masih di luar kota dan nanti balik baru kami diskusikan dengan pihak ketiga sama-sama duduk diskusi, lalu kita tentukan seremoninya di tanggal berapa,” tambah Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura ini.

Menurutnya, sambil berjalan saat ini pihaknya masih akan mengadakan satu kali rapat bersama antara tim percepatan dengan pihak ketiga untuk menentukan kapan waktu untuk lakukan grand opening.

“Pastilah, nanti setelah grand opening dilanjutkan dengan MoU pemanfaatan kerja sama antara Pemda Kabupaten Jayapura dengan pihak ketiga,” tutur mantan Sekretaris Bappeda Kabupaten Jayapura ini.

Untuk diketahui, Taman Pholeuw (Pholeuw Park) diresmikan oleh (eks) Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., didampingi oleh Kepala Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) Kabupaten Jayapura Terry F. Ayomi, pada Senin, 17 Agustus 2020 lalu.

Pholeuw Park yang berada di Jalan Raya Sentani-Telaga Maya, tepatnya di pinggiran Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua itu memiliki luas tanah sekitar 6500 meter persegi dari ketersediaan tanah sekitar 7000 meter persegi.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here