Jumat, Januari 27, 2023

Setda Kabupeten Jayapura Terima Dana Otsus Rp7 Miliar

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dra. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Jayapura, Papua pada tahun 2022 mendapat penerimaan dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua sebesar Rp7 miliar untuk membiayai program atau diperuntukkan kepada hibah bantuan keagamaan dan pendidikan di Bumi Kenambai Umbai.

“Jadi, alokasi dana Otsus untuk sekretariat adalah 7 miliar rupiah, hanya untuk porsi keagamaan dan pendidikan yang bisa berjalan di tahun ini, atau di akhir daripada evaluasi. Kemarin kan kita sudah lakukan evaluasi, maka mungkin di pekan depan kita sudah bisa salurkan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dra. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., ketika menjawab pertanyaan wartawan media online saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Menurut Sekda Hana, penyaluran dana Otsus Papua melalui Sekretariat Daerah Kabupaten Jayapura, disalurkan kepada 80 lembaga keagamaan di daerah inj yang telah mengajukan proposal permohonan bantuannya kepada Pemkab Jayapura.

Dikatakannya, untuk penyaluran alokasi dana Otsus Papua tahun 2022, kepada 80 lembaga keagamaan ini akan dilakukan setelah proses verifikasi proposal seluruhnya selesai dilakukan dalam pekan ini.

“Kami akan salurkan dana Otsus kepada 80 lembaga keagamaan, setelah kami selesai lakukan proses verifikasi terhadap semua proposal bantuan keagamaan yang akan selesai pada minggu ini,” katanya.

Mama Sekda sapaan akrabnya menambahkan, selama ini bantuan dana yang berasal dari hibah dari Pemkab Jayapura juga sudah berjalan dan saat ini tinggal bantuan atau hibah yang bersumber dari dana Otsus Papua yang akan disalurkan pihaknya kepada 80 lembaga keagamaan.

Adapun besaran bantuan yang diberikan nantinya akan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan juga ketersediaan alokasi dana Otsus yang tersedia di Setda Kabupaten Jayapura.

“Besaran jumlah yang akan diberikan itu, kami sesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan juga ketersediaan dari dana Otsus yang ada di sekretariat. Ada yang minta 80 juta dan 70 juta, sehingga kami nanti sesuaikan sesuai dengan tingkat kebutuhan atau nanti bantuan hibah ini kami samakan untuk semua proposal yang masuk,” bebernya.

Untuk itu, Mama Sekda mengharapkan, proses verifikasi segera dapat dirampungkan agar proses penyaluran alokasi dana Otsus Papua di tahun ini kepada 80 lembaga keagamaan di Kabupaten Jayapura juga segera dapat dilakukan.

Selain diperuntukkan kepada hibah bantuan lembaga keagamaan, kata Mama Sekda, alokasi dana Otsus Papua yang dikelola oleh Bidang Kesekretariatan di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Jayapura juga disalurkan untuk lembaga pendidikan yang asa di Kabupaten Jayapura.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here