Minggu, Juli 21, 2024

Sering Banjir Saat Hujan, Sekda Hana Minta Dinas PUPR Cepat Tindaklanjuti

Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Seringnya hujan menyebabkan beberapa titik ruas badan jalan menjadi banjir dan menghambat aktivitas masyarakat pengguna jalan.

Lokasi air di badan jalan  yang sering banjir, seperti di depan Lapangan Adven Doyo Baru, di ruas jalan depan Cafe Allegro Doyo Baru, ruas jalan sebelum tanjakan Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah, ruas jalan penjual buah-buahan, ruas jalan depan Saga Kemiri.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP saat ditanya tentang beberapa titik ruas jalan yang banjir sudah meminta kepada Dinas PUPR harus melakukan identifikasi terhadap badan jalan yang masih sering tergenang air yang disebabkan oleh hujan yang terjadi beberapa hari ini di wilayah Kabupaten Jayapura, hal itu disampaikan Sekda Hana di Aula 2 Kantor Bupati Jayapura, Selasa, 19/03/2024.

“Dinas PU perlu melakukan identifikasi terhadap pinggiran badan jalan yang masih tergenang air,” pungkasnya.

Selain melakukan identifikasi, Sekda meminta kepada PUPR agar segera membangun selokan-selokan yang ada di jalan lingkungan.

“Untuk selokan-selokan yang belum ada itu harus dibangun atau dikerjakan khususnya di lingkungan. Apabila itu jalan provinsi, PUPR melakukan koordinasi  karena itu tugasnya provinsi. Sedangkan lingkup Kabupaten Jayapura menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten yang harus dikerjakan. Bagian-bagian mana yang harus dikerjakan atau didahulukan dan bagaimana yang tunggu tahun depan untuk dikerjakan. Supaya bisa segera rampung,” jelasnya.

Jangan yang tergenang untuk tahun ini terbawah sampai tahun depan dengan status masih adanya banjir genangan air di badan jalan lagi.

“Akhirnya tahun depan, genangan air ini lebih meluas dan besar seperti menjadi kolam susu, hal itu tidak boleh terjadi,” ucapnya.

“Genangan air yang disebabkan intensitas hujan yang sangat tinggi dan sangat sering dalam beberapa hari di minggu ini maupun minggu lalu itu terlihat di beberapa lokasi,” tambahnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here