Kamis, Juni 13, 2024

Selama Ramadhan, RSUD Yowari Tetap Beri Pelayanan Maksimal

Direktur RSUD Yowari, Dr. Petronella Marcia Risamasu

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari bertekad memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada masyarakat selama bulan suci Ramadhan.

Direktur RSUD Yowari Dr. Petronella Marcia Risamasu menuturkan pelayanan yang akan diberikan tetap sama dan tidak ada perbedaan selama bulan Ramadhan.

“Pelayanan selama bulan Ramadhan tetap sama halnya dengan bulan biasa. Cuma kemarin itu pas libur cuti bersama saat hari Raya Nyepi dan di awal-awal hari (puasa) itu kita juga menyesuaikan dengan edaran libur cuti bersama tersebut,” ucapnya saat ditemui usai pembukaan Rakerda Kabupaten Jayapura Tahun 2023 di Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, kemarin.

Perempuan yang akrab disapa dokter Malla ini kembali menuturkan, biasanya di bulan Ramadhan jumlah kunjungan ke rumah sakit milik Pemda Kabupaten Jayapura itu sedikit menurun.

“Jadi, IGD (Instalasi Gawat Darurat) tetap buka seperti biasa. Nah, memang biasanya kalau dalam bulan Ramadhan jumlah kunjungan menjadi berkurang. Tapi, kalau kami di rumah sakit kan tetap berikan pelayanan. Ya, di IGD itu tetap beri pelayanan 1×24 jam,” tuturnya.

Untuk pelayanan, selama bulan suci Ramadhan pihaknya juga memberlakukan sistem piket sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, sehingga semua pelayanan berjalan maksimal.

“Kami telah mempersiapkan semua personil dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat selama bulan puasa ini. Karena melayani pasien juga bagian dari ibadah,” ucapnya.

Dokter Malla kemudian merinci, pelayanan untuk bidang emergency, poliklinik dan berbagai bagian lainnya di rumah sakit plat merah itu tetap berjalan normal seperti hari biasanya.

Guna memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat di daerah yang dikenal dengan sebutan Bumi Kenambai Umbai itu.

“Ya, kalau poliklinik itu sesuai dengan hari pelayanannya. Jika ada hari libur seperti nanti menjelang Lebaran itu, selain ada edaran dari provinsi maupun kabupaten, juga kami keluarkan edaran di internal kami sendiri. Jadi, hari pelayanan di poliklinik itu mulai Senin hingga Sabtu sesuai dengan alur jadwal pelayanan. Masyarakat bisa mengakses lewat pendaftaran di rekam medik, baik yang melalui rujukan dari Puskesmas (bagi yang menggunakan BPJS) itu sesuai mekanisme yang ada rujukan ke poliklinik,” ujarnya.

“Kemudian, dari ruang pendaftaran di arahkan ke ruang polik mana yang akan dituju. Dari situ dilakukan pelayanan seperti biasa dan juga pemeriksaan penunjang tergantung apa yang dibutuhkan oleh dokter pemeriksa di poliklinik. Intinya, kami akan bekerja maksimal guna memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat yang menggunakan fasilitas kesehatan di RSUD Yowari selama bulan suci Ramadhan,” tukas dokter Malla.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here