Jumat, Januari 27, 2023

Sekjen AMAN Terpilih

Sepuluh Calon Sekjen AMAN duduk di bawah meja sidang pimpinan KMan Jayapura 2022 sebelum pemilihan Sekjen. (foto: MC KMANVI - Paskal keagop)

Rukka Sombolinggi terpilih kembali menjadi Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara periode 2022 – 2027.Sentani, MC KMAN VI – DALAM pencalonan, ada sepuluh kandidat yang bertarung dalam pemilihan Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Sekjen AMAN) periode 2022 – 2027 di Stadion Barnabas Youwe Sentani Kabupaten Jayapura, pada Sabtu 29 Oktober 2022 malam.

Dalam pemilihan, sembilan calon Sekjen AMAN lainnya bersepakat memilih Rukka Sombolinggi menjadi Sekjen untuk memimpin AMAN selama lima tahun mendatang.

Sebelum pemilihan Sekjen AMAN, proses pemilihan calon Sekjen sudah dilakukan di komunitas-komunitas masyarakat adat di masing-masing daerah pada beberapa waktu lalu. Dan proses pemilihannya dilakukan dalam Kongres Masyarakat Adat Nusantara keenam di Jayapura, Papua pada Sabtu 29 Oktober.

Sepuluh orang yang bertarung dalam pemilihan Calon Sekjen AMAN periode 2022 – 2027 adalah Rukka Sombolinggi, Mina Setra, Eustobio Rero Renggi, Abdi Akbar, Arifin Saleh, Erasmus Cahyadi, Deff Tri, Sardi Razak, Rukmini Toheke, dan Riky Aprizal. Dari sepuluh kandidat Sekjen ini, sembilan calon sepakat memilih kembali Rukka Sombolinggi untuk memimpin AMAN selama lima tahun mendatang.

Berdasarkan asal daerah, kesepuluh kandidat Sekjen AMAN berasal dari: Sulawesi Selatan tiga calon, Nusa Tenggara Tumur dan Bengkulu dua calon, serta Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat dan Sumatera Timur masing-masing satu calon.

Tanah Papua sebagai tuan rumah Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMan) keenam tidak punya kandidat Sekretaris Jenderal AMAN periode 2022 – 2027. Papua hanya memilih dua orang, seorang laki-laki mewakili Provinsi Papua Barat dan seorang perempuan, Dorince Mehue mewakili Pprovinsi Papua duduk di Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Damannas) periode 2022 – 2027.

Sumber: MC KMANVI Kab. Jayapura

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here