Selasa, April 16, 2024

Sekda Jayapura Ajak Semua Pihak Mendukung FDS XIII

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Sebuah event kepariwisataan nasional yang dilakukan setiap tahun di Kabupaten Jayapura yakni, Festival Danau Sentani (FDS) Kembali akan di gelar pada tahun ini.

Sebagai salah satu event besar di dunia kepariwisataan di Papua, FDS selalu dan kembali akan menampilkan sejumlah atraksi-atraksi kebudayaan, karya-karya seni, pentas budaya, dari kampung-kampung, sanggar-sanggar tari, kelompok seni, yang tersebar di Kabupaten Jayapura dan kabupaten/kota lainnya di Papua.

Menjelang pelaksanaan FDS ke- XIII sejumlah persiapan terus dilakukan, baik oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura, pihak swasta, tetapi juga oleh semua pihak termasuk masyarakat di Bumi Kenambai Umbai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi yang ditemui media ini di Kawasan Wisata Pantai Khalkote, Senin (03/07) mengajak, pertama kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk mendukung penuh pelaksanaan FDS ke- XIII tahun 2023 ini.

Sekda Hana mengatakan, bahwa dengan kondisi saat ini dan waktu yang singkat menjadi PR bersama untuk menata kembali baik itu kebersihannya, area parkirnya, jalan masuknya serta kondisi lingkungan sekitarnya. OPD teknis juga dapat mensupport persiapan teknisnya sesuai dengan Tugas dan Fungsi (Tusi) OPD masing-masing.

“Semua OPD wajib terlibat aktif, dalam kurun waktu yang singkat ini berbagai persiapan harus kita tuntaskan diantaranya los-los, toilet, lampu-lampu dan instalasi listrik, publikasi pariwisata termasuk baliho-baliho dan juga kebersihan lingkungan di lokasi kegiatan FDS,” ujarnya.

Tidak hanya ASN, namun aparat kampung bersama masyarakat diminta turut berpartisipasi aktif guna suksesnya pagelaran budaya FDS XIII yang kali ini mengusung Tema Sagu Adalah Hidup Ku (Sago is my life).

Sebagai salah satu wujud nyata ASN dalam mendukung persiapan FDS XIII, hari ini Senin (03/07) apel pagi ASN akan dipusatkan di kawasan wisata Pantai Khalkote Distrik Sentani Timur dengan tujuan utama adalah kerja bakti bersama agar kawasan wisata Pantai Khalkote nampak bersih dan tertata rapih menyambut hari-H pembukaan kegiatan FDS.

Pelaksanaan FDS ke XIII pada tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Jayapura akan lebih fokus pada mempromosikan budaya-budaya lokal yang ada Kampung-kampung sehingga bisa meningkatkan perekonomian dari sektor Pariwisata.

Hikoyabi juga mengajak semua masyarakat Kabupaten Jayapura untuk turut ambil bagian dalam semua persiapan tetapi juga pelaksanaan FDS ke-XIII mendatang. Sebab, menurutnya, ajang FDS adalah ajang untuk menunjukan budaya setempat yang tumbuh dan berkembang di tengah kehidupan masyarakat.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here