Jumat, Januari 27, 2023

Rukka Sombolinggi Pimpin AMAN

Rukka Sombolinggi. Sekjen AMAN periode 2017 – 2022, terpilih dalam Kongres Masyarakat Adat Nusantara Keenam Jayapura, pada Sabtu 29 Oktober 2022. Foto. Aman.or.id

Rukka Sombolinggi terpilih kembali memimpin Aliansi Masyarakat Adat Nusantara periode 2022 – 2027.Sentani, MC KMAN VI –  “Saya maju kembali sebagai calon Sekjen AMAN periode 2022 hingga 2027 dalam Kongres keenam Masyarakat Adat Nusantara di Tanah Tabi Kabupaten Jayapura, Papua,” ujar Rukka Sombolinggi kepada wartawan usai terpilih menjadi Sekjen AMAN lima tahun mendatang.

Rukka Sombolinggi merupakan perempuan asal Toraja, Sulawesi Selatan. Setelah melakukan banyak hal di masa periodenya, Rukka merasa masih ada yang ingin ia perjuangkan. Ia mempunyai amanat untuk mewujudkan Undang-Undang (UU) tentang Masyarakat Adat.

Rukka menyampaikan harapannya agar motivasi bersama masyarakat adat untuk membebaskan segala bentuk penyaderaan terhadap perwujudan UU Masyarakat Adat.

Perempuan kelahiran 1973 itu menyampaikan harapannya bahwa dari Kongres keenam di Kabupaten Jayapura ini mampu melahirkan konklusi yang jelas terhadap pemerintah dan partai politik yang menyandera RUU Masyarakat Adat. “Lalu terhadap seluruh sahabat masyarakat adat dan sikap masyarakat sendiri secara internal”.

Rukka Sombolinggi mengatakan melalui kongres tersebut telah melahirkan rencana strategis yang mampu memastikan masyarakat adat bisa lebih kuat dan mempertahankan wilayah adatnya. “Semua bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adat yang kuat, mandiri, dan bermartabat”.

Pengalaman selama lima tahun memimpin Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Rukka tidak hanya melakukan advokasi, hak azasi manusia dan politik, tapi juga konsen dengan dunia pendidikan, khususnya sekolah adat. Total ada 90 sekolah adat yang telah didirikan AMAN.

“Untuk urusan sosial budaya kita harus berterima kasih kepada Perempuan Aman dan Pemuda Aman,” ujarnya saat menyampaikan laporan pertanggungjawaban Sekjen AMAN periode 2017-2022 di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis 27 Oktober 2022.

RUKKA SOMBOLINGGI. Asal Komunitas Masyarakat Adat: Nanggala, Madandan, Sangala, Kesu, Makale, Mengkendek, Tondon, Buntao, Rantebua Palesan, Kabupaten Toraya, Provinsi Sulawesi Selatan. Rukka adalah Sekjen AMAN periode 2017 – 2022, yang terpilih memimpin AMAN periode kedua 2022 – 2027 pada Kongres Masyarakat Adat Nusantara Keenam 2022 di Jayapura, pada Sabtu 29 Oktober 2022.

Sumber: MC KMANVI Kab. Jayapura

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here