Kamis, Agustus 18, 2022

Rakerda 2022 Catatkan Sejumlah Pencapaian Siginifikan di Tahun Lalu

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dra. Hana S. Hikoyabi

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Terlihat sejumlah capaian kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura tahun 2021 yang cukup menggembirakan.

Ungkapan ini disampaikan Sekda Kabupaten Jayapura Hana S. Hikoyabi usai pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kabupaten Jayapura Tahun 2022, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, kemarin.

Rakerda yang dibuka oleh Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro ini digelar, guna mengevaluasi capaian kinerja Pemda Kabupaten Jayapura dalam tahun – tahun sebelumnya.

Sekda Kabupaten Jayapura menyampaikan, secara umum PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) mengalami kenaikan. Salah satu indikatornya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya saat masih terjadinya pandemi Covid-19.

Adanya sejumlah indikator ini juga diungkap, sehingga kenaikan ini dapat terjadi. Meskipun lambat, tetapi trennya terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun hingga berimbas kepada PDRB yang mengalami kenaikan sampai dengan 5,06 persen di tahun 2021 lalu.

“Saya lihat ada capaian-capaian, walaupun naiknya lambat. Tapi trennya naik, kan semua sektor ada pendidikan, ada kesehatan, infrastruktur, air bersih, segala macam yang dinilai. Implikasinya itu empat sektor saja, peningkatan taraf hidup, rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah dan pengeluaran per kapita,” ungkapnya.

Selain itu, Hana Hikoyabi menambahkan, Kabupaten Jayapura juga mencatat pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 sebesar 7,74 persen, tahun 2019 sebesar 7,16 persen, tahun 2020 sempat turun menjadi 0,23 persen, kemudian di tahun 2021 naik menjadi 5,06 persen.

“Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Jayapura dalam kurun waktu 4 tahun mengalami fluktuasi yang cukup signifikan, terutama pada tahun 2021 penurunannya mencapai hingga 0,23 persen sebagai dampak goncangan ekonomi global yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Tahun 2021 kembali mengalami peningkatan 5,06 persen,” sambungnya.

Peningkatan ini, kata Sekda, ditandai tingkat kemiskinan yang menurun dari 12,44 persen di tahun sebelumnya menjadi 12,13 persen di tahun 2021, tingkat pengangguran terbuka di tahun 2021 sebesar 2,46 point dari tahun 2020, berarti ada kemampuan ekonomi daerah yang mampu menyerap ketersediaan tenaga kerja sehingga angka kemiskinan menurun.

Rakerda Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dilaksanakan sebagai evaluasi kerja Pemda Kabupaten Jayapura pada tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan, Rakerda Pemkab Jayapura tahun 2022 ini dilaksanakan sebagai perbandingan capaian kinerja dari tahun 2017-2018 hingga 2021, untuk diperbandingkan dengan pencapaian yang diperoleh memasuki semester I tahun 2022, atau setidaknya pada triwulan I memasuki triwulan II 2022 ini.

Sebelumnya, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro usai membuka Rakerda Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura tahun 2022 ini mengharapkan, hasil dari Rakerda ini nantinya akan memunculkan sejumlah kebijakan-kebijakan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here