Selasa, Juni 6, 2023

Proses Pemasangan Tiang-Tiang Telkom di Jalur Pertigaan Kampung Itjim / Yasuka, ini kata Bernadus Iwong Selaku Sekretaris DAS Demutru

Sekretaris Dewan Adat Suku (DAS) Demutru, Bernadus Iwong

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Proses pemasangan tiang-tiang Telkom di jalur pertigaan Kampung Itjim / Yasuka arah Nimbokrang yang sempat terhenti akibat pemalangan yang dilakukan oleh pihak pemilik wilayah setempat dikarenakan pihak PT. Telkom tidak berkoordinasi lebih awal dengan pihak pemilik wilayah sehingga terjadi pemalangan yang berdampak pada terhambatnya proses pembangunan dan pemasangan tiang Telkom di jalur tersebut.

Kini proses pemasangan tiang di wilayah tersebut sudah dapat dilakukan kembali setelah adanya pertemuan yang dilakukan pihak PT. Telkom Indonesia, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T., M.Sos., bersama Dewan Adat setempat dan pihak pemalang atau pemilik hak wilayah serta masyarakat, pada Selasa, 07 Maret yang lalu dan mendapat persetujuan untuk kembali dilakukan proses pekerjaanya.

Jumat ini 10 Maret 2023 masyarakat Kampung Itjim yang dikoordinir oleh Sekretaris Dewan Adat Suku (DAS Demutru) Bapak Bernadus Iwong melakukan Pembersihan di sepanjang jalur Kampung Itjim yang nantinya akan dilakukan pemasangan tiang-tiang Telkom. Saat ditanyakan terkait giat kebersihan tersebut dan permasalahan pemalangan, Bernadus menjelaskan ‚ÄúPemalangan yang kemarin terjadi akibat miskomunikasi saja antara pemilik tanah Adam Tanggrang dan pihak PT. Telkom Indonesia, menyikapi hal itu, maka kami dari Dewan Adat Suku (DAS Demutru) memfasilitasi untuk pertemuan pada tanggal  07 maret kemarin yang bertempat di Kantor Distrik Nimboran itu sudah selesai dan mendapat hasil yang baik.

Maka hari ini saya selaku Sekretaris DAS bertindak untuk menyikapi kegiatan tersebut dengan bakti bersama sehingga pihak PT. Telkom bisa kembali melakukan proses pemasangan tiang-tiang dan kabel di wilayah yang sudah ada pada plening tersebut. Bernadus menambahkan kepada semua Iram Tekay di wilayah ini dan masyarakat untuk dapat terlibat langsung untuk menyikapi tindakan yang dibuat oleh salah satu Iram Tekay yang mungkin dari pihak PT. Telkom tidak Sempat menyampaikan kepada masyarakat sekitar sehingga terjadi miskomunikasi, hal ini bisa diteruskan oleh Iram Tekay di wilayahnya masing-masing sehinga hal pemalangan yang terjadi seperti kemarin tidak terulang lagi agar proses jalanya pembangunan di wilayah kami bisa berjalan dengan baik dan bisa di manfaatkan oleh kami di lembah ini. Apa yang sudah Pemerintah Daerah rencanakan untuk pembangunan daerah ini alangkah baiknya kita menyikapi hal tersebut dengan cara yang baik dan bermanfaat.

Lanjut Bernadus Iwong selaku Sekertaris DAS Demutru mengatakan dengan adanya tindakan ini kita bisa sama-sama kembali mendukung program-program dari  Pemda Kabupaten Jayapura yang diakomodir melalui Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura dan PT. Telkom Indonesia yang bersama saat ini sedang bekerja membangun daerah kami.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here