Penghargaan Pengutamaan Bahasa Negara Tahun 2022

    0
    151

    Kebanggaan menggunakan bahasa negara, Bahasa Indonesia, di ruang publik masih mengkhawatirkan. Bahkan, bukan hanya di ruang publik, pengutamaan bahasa negara juga mengkhawatirkan ketika melihat instansi pemerintah, instansi swasta, dan juga lembaga pendidikan. Pengutamaan bahasa negara merupakan bagian dari literasi kewarganegaraan sepanjang hayat.

    Ruang publik, menjadi barometer komitmen warga bangsa dalam menjaga martabat bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. Fakta penggunaan bahasa negara di berbagai ruang publik, seperti penggunaan untuk nama gedung dan fasilitas publik, ataupun rambu petunjuk yang menggunakan bahasa asing perlu ditertibkan. Tentunya, upaya pengendalian yang sesuai amanat konstitusi ini dilakukan dengan peningkatan kesadaran dan kerja sama semua pihak.

    Tahun 2022, melalui Balai Bahasa Provinsi Papua melaksanakan penilaian atas pengutamaan bahasa indonesia di pemerintah Kabupaten Jayapura dengan menggunakan beberapa indikator penilaian dan ditetapkan DInas Kesehatan Kabupaten Jayapura menerima penghargaan sebagai Instansi terbaik dalam pengutamaan Bahasa Negara di Kabupaten Jayapura tahun 2022.

    Penghargaan diterima oleh DInas Kesehatan melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan drg. Adi Kurniawan MM(RS) dalam acara Gelar Wicara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra Balai Bahasa Provinsi Papua tahun 2022 pada tanggal 31 Oktober 2022 oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Papua. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Jayapura agar terus berusaha menggunakan bahasa negara di ruang publik dan pengutamaan bahasa indonesia dalam layanan manajemen kesehatan dan layanan kesehatan di seluruh sarana milik pemerintah.

    Kegiatan tersebut diatas dihadiri oleh Instansi Pemerintah lainnya yang juga menerima penghargaan dan juga peserta gelar wicara Puncak bulan bahasa.