Kamis, Desember 1, 2022

PON Harga Diri Orang Papua, Jadi Harus Sukses

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional Papua akan diselenggarakan pada Oktober tahun ini. Oleh karena itu, penyelenggaraan PON XX Papua itu merupakan sebuah kehormatan bagi rakyat Papua dan merupakan harga diri bagi orang Papua.

“PON ini adalah harga diri bagi orang Papua, karena ini kepercayaan luar biasa besar yang dipercayakan oleh pemerintah pusat. Karena mungkin ratusan bahkan mungkin sulit terulang lagi PON itu kembali ke Papua, ” kata Mathius Awoitauw, Senin (16/8).

Karena itu Bupati Jayapura Mathius awoitauw berharap agar pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional yang dipercayakan kepada masyarakat Papua ini harus berjalan sukses.  Sukses yang dimaksud tidak saja sukses dalam penataan administrasi nya saja tetapi juga sukses penyelenggaraan dan sukses secara ekonomi.  Itu sebabnya orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu mengajak seluruh orang asli Papua agar terlibat aktif dalam kegiatan Pekan Olahraga Nasional yang akan berlangsung pada Oktober 2021 ini. Dia meminta agar masyarakat yang ada di setiap venue agar menjadi tuan rumah yang baik.

“Kita harus menjadi tuan rumah yang baik,  menyediakan makanan yang baik untuk mereka,  kita harus terlibat penuh untuk memperkenalkan kuliner dan suvenir yang kita miliki. Itulah sukses ekonomi yang dimaksudkan bahwa Bagaimana masyarakat bisa berbagian dengan memasarkan potensi-potensi yang ada di kampung-kampung, ” ungkapnya.

Karena itu dia juga meminta agar masyarakat tidak mabuk-mabukan dan mengkonsumsi miras yang mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat selama menjelang PON dan juga pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut. 

“Karena kita menjadi tuan rumah Maka sebagai tuan rumah kita harus Tunjukkan yang baik kepada tamu yang datang,” ungkapnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here