Kamis, Mei 23, 2024

Pj Bupati Jayapura Serahkan LKPJ TA 2023 Dengan Capaian Baik

Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo telah menyerahkan (LKPJ) TA 2023 kepada Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Cintiya Ruliani Talantan, dalam Rapat Paripurna LKPJ TA 2023 di Sentani. Senin (22/04/2024)

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Pada Rapat Paripurna Penyerahan Materi Laporan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Jayapura tahun 2023 Pj. Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si menyerahkan LKPJ TA 2023 kepada Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Cintiya Ruliani Talantan, di Sentani, Senin, 22/4/2024.

Penyampaian LKPJ TA 2023 dilaporkan secara rinci baik program kegiatan dan anggaran yang semuanya secara ringkas disampaikan di dalam laporan pidato Pj Bupati Jayapura.

Laporan  LKPJ TA 2023 tersebut ada beberapa capaian yang telah dilakukan Pemkab Jayapura, seperti penurunan angka pengangguran, angka kemiskinan dan stunting. Tentu ini hal yang sangat bagus dan terus ditingkatkan supaya masalah pengangguran, kemiskinan dan stunting di Kabupaten Jayapura masyarakatnya maju dan sejahtera.

Dijelaskan tingkat kemiskinan di Kabupaten Jayapura Mengalami penurunan setiap tahunnya dan menunjukkan adanya perbaikan terhadap presentasi penduduk di bawah garis kemiskinan.

Hal tersebut ditunjukkan dengan data tingkat kemiskinan Kabupaten Jayapura tahun 2020 mencapai 12,44% penduduk miskin jika dibandingkan dengan angka presentasi kemiskinan tahun 2023 sebesar 11,45%.

Presentasi kemiskinan Kabupaten Jayapura cenderung mengalami penurunan yang cukup signifikan sebesar 0,99%.

Tidak hanya itu, kita fokus Kesejahteraan Sosial menunjukkan pencapaian angka indeks pembangunan manusia IPM pada tahun 2023 sebesar 73, 50% angka ini jika dibandingkan dengan capaian tahun 2020 sebesar 71,69% maka IPM mengalami pertumbuhan sebesar 1,81%.

Hal ini memberikan indikasi klasifikasi pencapaian IPM sejak tahun 2021 -2022 Kabupaten Jayapura dikategorikan dalam wilayah dengan kinerja pembangunan manusia tinggi yaitu capaian IPM 72 sampai dengan 80.

Dalam bidang pendidikan pada tahun 2023 angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Jayapura sebesar 10.34 tahun meningkat dari Tahun 2022 sebesar 10.27 tahun.

Angka ini menjelaskan bahwa rata-rata penduduk di Kabupaten Jayapura telah mengenyam pendidikan hingga kelas 1 SMA atau SMK sederajat sedangkan untuk harapan lama sekolah selalu mengalami kenaikan setiap tahun pada tahun 2023 tercatat sebesar 14,58%, angka ini meningkat 0,18% dari tahun sebelumnya yang sebesar 14,40%.

Hal yang baik juga dicapai oleh Pemkab Jayapura, dalam empat tahun ini pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jayapura mengalami fluktuasi adanya kenaikan maupun penurunan resmi, hal ini terjadi secara keseluruhan di mana bencana alam atau kondisi ekonomi nasional dan global ikut mempengaruhi secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, Pj Bupati Triwarno juga memberikan apresiasi kepada kinerja OPD di lingkungan Pemkab Jayapura yang telah bekerja dengan baik dalam menyelesaikan program kegiatan yang sudah dikerjakan dengan baik.

 “Ia memberikan apresiasi untuk kinerja OPD dan juga terima kasih untuk dukungan DPRD Kabupaten Jayapura yang merupakan mitra yang setara dan sejajar dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Cintiya Ruliani Talantan saat diwawancarai usai menerima materi LKPJ TA 2023 dari Pemkab Jayapura menyampaikan materi LKPJ TA 2023.

“Selanjutnya akan dipelajari materinya dan akan dibedah dengan staf ahli sehingga tahu apa saja yang dilakukan Pemkab Jayapura di tahun 2023 khususnya dari Pj Bupati Jayapura maupun jajaran pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura yang telah menggunakan anggaran dan melaporkan pertanggungjawabannya,” jelas Cintiya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here