Kamis, Agustus 18, 2022

Pimpin Rapat Panitia Kongres AMAN dan PORKAB II, Bupati Minta Dukungan dari Semua Pihak

Suasana rapat persiapan panitia Kongres AMAN ke-VI dan panitia PORKAB II Tahun 2022 tingkat Kabupaten Jayapura, di Stadion Bas Youwe, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (25 April 2022)

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Guna mensukseskan pelaksanaan event Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) ke II tahun 2022 tingkat Kabupaten Jayapura, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., meminta kepada semua panitia baik seksi-seksi atau bidang-bidang untuk bekerja cepat guna melihat berapa biaya yang dibutuhkan dari setiap pekerjaan tersebut. Sehingga pelaksanaan PORKAB tahun ini terlaksana sesuai dengan harapan bersama.

Selain memimpin rapat persiapan panitia PORKAB, Bupati Jayapura juga memimpin rapat persiapan panitia menjelang pelaksanaan Kongres AMAN ke-VI tahun 2022.

Permintaan kerja cepat itu sebagaimana disampaikan langsung oleh Bupati Jayapura saat memimpin rapat persiapan PORKAB II, Senin 25 April 2022, bertempat di Sekretariat Panitia PORKAB II Tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2022, di Stadion Bas Youwe, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Jadi, ini rapat panitia biasa saja, untuk persiapan-persiapan Kongres AMAN. Tadi juga di sana begitu juga untuk pelaksanaan PORKAB II Tahun 2022. Kita berharap agar panitia baik seksi-seksi atau bidang-bidang yang dipercayakan ini melihat mana yang harus didahulukan cepat untuk pastikan kerja-kerja itu. Supaya kita bisa lihat ini perlu biaya berapa dan seterusnya, jadi kita kejar terus dan harus dipercepat,” ujar Mathius Awoitauw ketika dikonfirmasi wartawan media online ini di sela-sela rapat persiapan tersebut.

Tambah Bupati Jayapura dua periode itu, pelaksanaan event PORKAB II ini direncanakan pada bulan Juni 2022 mendatang, kita berharap seksi usaha dana ini bisa bergerak cepat.

“Kepanitiaan kongres AMAN ini wilayah adat Tabi, dan bukan hanya Kabupaten Jayapura saja. Jadi, orang-orang dalam kepanitiaan ini juga terdiri dari beberapa kabupaten dan kota di wilayah adat Tabi,” imbuh Mathius.

Adapun penyampaian Bupati Jayapura, bahwa pihaknya akan lakukan koordinasi terus, juga sosialisasi termasuk sumber dananya. “Dikarenakan kongres (AMAN) ini sifatnya nasional, kita harap pemerintah provinsi juga bisa memberikan support untuk suksesi kegiatan ini. Karena ini pagelaran adat yang luar biasa, sehingga kita berharap ada support dari semua pihak,” paparnya.

“Jika kita bicara Otsus dan hak-hak masyarakat adat, ya ini mungkin ruang yang kita harus berikan kontribusi dan juga beri support. Jangan hanya kita bicara adat, tetapi wibawa tidak ada. Nah, untuk itu kita berharap semua pihak memberi support dan dukungan. Apalagi pembangunan Papua dan Papua Barat kan berdasarkan wilayah adat, berarti semua kita bicara adat,” sambungnya.

Bupati Jayapura juga mengucapkan terima kasih kepada Pangdam XVII/Cenderawasih yang begitu beri perhatian untuk mensukseskan kegiatan Kongres AMAN ke-VI tahun 2022.

“Juga ada Menkopolhukam, waktu kami lakukan audiens itu luar biasa memberikan dukungan untuk kegiatan kongres ini. Kemudian, pemerintah provinsi, MRP dan DPR Papua. Jadi, kita akan komunikasi dan koordinasi terus menerus untuk proses-proses ini,” ucapnya.

Ketika ditanya berapa anggaran yang dibutuhkan untuk sukseskan Kongres AMAN ke-VI, kata Bupati Jayapura, “Berdasarkan perhitungan mereka itu relatif lah, tidak terlalu banyak, atau tidak sampai 100 miliar rupiah. Nah, mereka ini kumpul untuk mereka ekspresikan, mereka mau mantapkan keberadaan mereka dan juga mereka mau nyatakan sikap, apa sikap kita untuk memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara, juga kepada provinsi dan kabupaten/kota,” tegasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan PORKAB II Tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2022 pada bulan Juni mendatang itu membutuhkan dana sekitar Rp 5 miliar dan akan mempertandingkan 20 cabang olahraga.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here