Selasa, April 16, 2024

Pertama di Indonesia, Sandiaga Uno Resmikan TIC Tingkat Kabupaten di Bandara Sentani

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno ketika meresmikan TIC, di Ruang VIP Bandara Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Rabu, 05 Juli 2023 pagi.

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Tourism Information Center (TIC) atau Pusat Informasi Turis (PIT) di Bandara Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu, 5 Juni 2023, untuk memenuhi kebutuhan informasi para wisatawan.

Pusat Informasi Turis (TIC) yang diresmikan langsung oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno itu berlokasi persis di VIP Room Bandara Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu, 5 Juli 2023 pagi.

Pusat Informasi Turis atau TIC ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan untuk menyampaikan informasi tentang kepariwisataan dalam suatu daerah kepada turis atau wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung.

TIC yang diresmikan Menparekraf Sandiaga Uno ini fasilitasnya pertama di tingkat kabupaten/kota di Indonesia, satu-satunya dan pertama digunakan di Kabupaten Jayapura. TIC yang telah diresmikan ini menjadi milik Pemkab Jayapura yang nantinya dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Pertama-tama, saya ucapkan selamat kepada pak Pj. Bupati beserta seluruh jajarannya dan masyarakat Kabupaten Jayapura. Karena ini merupakan sebuah inovasi yang sangat membantu, untuk mendapatkan informasi, baik daya tarik wisata maupun akomodasi dan event-event lainnya,” ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut usai peresmian TIC, Rabu, 5 Juli 2023.

Dikatakannya, informasi tentang kepariwisataan semuanya sudah dirangkum dalam sistem scan barcode. Untuk itu, dirinya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura, yang mana dapat menginisiasi hadirkan TIC di Papua. Karena dengan scan barcode ini sangat mudah untuk wisatawan mendapatkan informasi, tetapi juga mendorong pergerakan wisatawan Nusantara.

Menurut Menteri Sandiaga, setiap pergerakan wisata Nusantara ini akan menghasilkan capaian-capaian ekonomi kepada masyarakat setempat dan target lapangan kerja yang akan dicapai pada tahun 2024 adalah 4,4 juta orang. “Mungkin bisa dicapai, jika seluruh kabupaten di Indonesia memiliki inovasi yang sama seperti di Kabupaten Jayapura,” cetusnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo menyampaikan ucapan terima kasih dan juga memberi penghargaan yang setinggi-tingginya atas launching (peresmian) Tourism Information Center (TIC) oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) di VIP Room Bandara Sentani.

Untuk itu, Bupati Triwarno berharap, dengan hadirnya TIC ini, akan menjadi motivasi bagi para pelaku ekonomi dan juga pelaku wisata di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura demi meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan pembangunan di negeri yang berjuluk Bumi Kenambai Umbai ini.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here