Minggu, Juli 21, 2024

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2024, Kemensos RI Bagi Ratusan Sembako

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Kementerian Sosial Republik Indonesia memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang jatuh setiap tanggal 29 Mei. Peringatan HLUN ini juga sekaligus menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Tagana (Taruna Siaga Bencana) yang ke-20. Di wilayah Indonesia bagian Timur, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura melaksanakan berbagai kegiatan yang merupakan rangkaian dari kegiatan HLUN Kementerian Sosial yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan HLUN ini antara bersih-bersih rumah lansia, Kemensos Goes to School dan pemilihan duta lansia, bantuan sosial bagi lansia (sembako, nutrisi dan kebersihan diri, perlengkapan tidur/kamar, kewirausahaan, aksesibilitas), layanan pemeriksaan kesehatan bagi lansia, donor darah, dan operasi katarak.

Kemensos melaksanakan kegiatan puncak HLUN pada tanggal 29 Mei, yang dipusatkan di Aceh, dan diikuti oleh berbagai daerah yang mengikuti secara langsung secara online. BBPPKS Jayapura melaksanakan rangkaian HLUN di dua tempat, yaitu Kabupaten Jayapura di GOR STT GIDI dan Kabupaten Biak Numfor.

Bersih-bersih rumah lansia di Kabupaten Jayapura telah dilaksanakan pada tanggal 23-24 Mei 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada 3 rumah lansia yang bertempat di Kampung Maribu, Kampung Ifar Gunung, dan Kampung Sereh.

Kegiatan ini juga melibatkan teman-teman Tagana Provinsi Papua, Tagana Kabupaten Jayapura serta perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Jayapura.

Harapannya dengan dilakukan kegiatan bakti sosial ini, para lansia menjadi lebih bersemangat untuk beraktivitas di rumah serta rumah yang mereka tempati menjadi lebih cerah dan untuk ditinggali sehingga lansia tidak mudah jenuh.

Kemensos Goes to School dan Pemilihan Duta Lansia di Kabupaten Jayapura telah dilaksanakan pada 27 mei 2024, yang bertempat di SMPN 2 Sentani yang diikuti oleh 30 orang siswa/i dari 4 Sekolah Dasar (SD) dan 5 Sekolah menengah pertama (SMP). Siswa/i ini mendapatkan materi tentang lansia, permasalahan dan kebutuhan lansia, serta peran yang bisa dilakukan generasi muda untuk membantu agar para lansia bisa sejahtera dan bahagia.

Pada acara puncak HLUN, tidak semua bisa hadir karena kondisi fisik lansia yang antara lain bed rest, tidak kuat perjalanan jauh, dan juga kurang sehat.

Layanan Pemeriksaan Kesehatan bagi Lansia & Donor Darah, Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan pada saat acara puncak HLUN tanggal 29 Mei 2024 di GOR STT GIDI.

HLUN akan diperiksa kesehatannya oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Donor darah, bekerja sama dengan PMI Papua, juga akan dilaksanakan di venue HLUN di Kabupaten Jayapura pada acara puncak tersebut.

Operasi Katarak bagi lansia ini akan dilaksanakan pada tanggal 10-12 Juni di RS Bhayangkara Papua. Operasi ini diprioritaskan bagi lansia yang tidak mampu. 78 orang lansia telah terdaftar sebagai peserta.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here