Kamis, Agustus 18, 2022

Peringatan Hari Kartini Ke-143, GOW Kabupaten Jayapura Gelar Bukber

Suasana acara buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh GOW Kabupaten Jayapura, di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (21 April 2022)

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Memperingati Hari Kartini Ke-143 tahun 2022, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Jayapura menggelar buka puasa bersama pengurus dan anggota serta organisasi wanita di Kabupaten Jayapura yang digelar di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis 21 April 2022.

Buka puasa bersama yang dirangkai dengan peringatan Hari Kartini itu diawali dengan pemotongan tumpeng bersama Ketua GOW Kabupaten Jayapura Orpa Nari, Dewan Penasehat GOW Kabupaten Jayapura Dorlince Mehue, S.E., Kepala DPPPA Kabupaten Jayapura Miryam Soumilena dan beberapa ketua organisasi wanita.

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Jayapura Orpa Nari mengatakan, peringatan Hari Kartini yang ke -143 tahun ini dirayakan di seluruh Indonesia, juga di Provinsi Papua dan khususnya di Kabupaten Jayapura.

“Kami dari GOW Kabupaten Jayapura pada hari ini merayakan Hari Kartini secara bersama-sama di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha Sentani. Karena GOW ini adalah wadah berhimpun dan berkumpulnya seluruh organisasi wanita di Kabupaten Jayapura dan menghargai rekan-rekan di organisasi wanita yang menjalankan ibadah puasa, sehingga kami melaksanakan kegiatan buka puasa bersama,” kata Orpa Nari ketika dikonfirmasi wartawan usai acara buka puasa bersama tersebut.

Lanjutnya mengatakan, kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi di momen peringatan Hari Kartini yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

“Kegiatan ini selain ajang silaturahmi, juga untuk memupuk persatuan dan kesatuan dalam rangka membina iman. Sebagai perempuan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan dan juga sebagai perempuan Kristen yang juga percaya kepada Tuhan, hendaknya kita saling menghargai satu sama lain harus tetap meningkatkan keimanan daripada perempuan itu sendiri,” jelas Orpa Nari.

Ia menambahkan, sesuai dengan visi misi Bupati Jayapura yang memberdayakan masyarakat adat dan juga bagian dari perempuan adat di Kabupaten Jayapura, momentum Hari Kartini harus menginspirasi dan memberikan nilai-nilai, untuk mewujudkan masyarakat yang ada di Bumi Kenambai Umbai guna membangun kebersamaan demi menuju Kabupaten Jayapura yang damai dan mencintai kerukunan antar satu sama lainnya.

“Kami memilih peringatan Hari Kartini ini dirangkai dengan buka puasa bersama, karena dalam gabungan organisasi wanita ini juga bergabung sejumlah organisasi wanita yang di dalamnya juga ada anggota dan pengurusnya yang beragama Muslim seperti Wanita Islam dan berbagai organisasi wanita Muslim di daerah ini. Sehingga kami mengambil momen peringatan Hari Kartini ini untuk bisa bersama-sama saling memaknai dan memberi harapan, serta mendorong keimanan daripada wanita itu sendiri khususnya wanita Musim Kabupaten Jayapura,” bebernya.

Sementara itu, Dewan Penasehat GOW Kabupaten Jayapura, Dorlince Mehue, S.E., menambahkan, pihaknya tetap memberikan support dan juga dukungan kepada pengurus GOW Kabupaten Jayapura, untuk terus melakukan berbagai macam kegiatan dan aktivitas termasuk di dalamnya peringatan Hari Kartini ke-143 tahun ini dirangkai dengan kegiatan buka puasa bersama di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha Kota Sentani.

“Melalui gabungan organisasi wanita sebagai wadah berhimpun dari seluruh organisasi wanita, baik itu organisasi keagamaan maupun organisasi kemasyarakatan lainnya itu semuanya terhimpun di dalam wadah ini. Karena wadah GOW merupakan induk yang menghimpun dan mengorganisir seluruh organisasi yang ada di daerah ini,” ujar Dorlince Mehue.

“Sebagai penasehat GOW, kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pengurus GOW Kabupaten Jayapura yang bisa membuat kegiatan perdana pasca mereka dilantik beberapa waktu lalu dengan menggelar peringatan Hari Kartini yang dirangkai dengan buka puasa bersama di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha Kota Sentani,” ucap Anggota MRP Pokja Agama ini menambahkan.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here