Rabu, Juni 19, 2024

Pengurus LPTQ Gelar Rapat Perdana Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Jayapura

Suasana Rapat Pengurus LPTQ Kabupaten Jayapura yang membahas persiapan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022, di Cafe Tempat Teduh, Kompleks Masjid Agung Al-Aqsha, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (28/1/2022)

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Menjelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022 yang direncanakan pada tanggal 25-27 Maret 2022, pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Jayapura mulai melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya menggelar rapat perdana persiapan di Cafe Tempat Teduh, Kompleks Masjid Agung Al-Aqsha Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (28/1/2022) malam.

Rapat perdana persiapan MTQ tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022 itu guna menghadapi ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Papua tahun 2022.

Rapat persiapan tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos., M.KP., yang juga sebagai Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura dan dihadiri sejumlah pengurus LPTQ Kabupaten Jayapura lainnya.

Selain membahas persiapan penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Jayapura, rapat pengurus juga menetapkan susunan panitia MTQ tingkat Kabupaten Jayapura yang akan bertugas melaksanakan seleksi Qori dan Qoriah dari 19 distrik yang ada di Kabupaten Jayapura.

Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, ketika ditanya wartawan media online ini mengatakan, rapat pengurus ini merupakan rapat persiapan penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2022.

“Secara tahapan nantinya akan dilaksanakan MTQ tingkat Distrik se-Kabupaten Jayapura untuk selanjutnya akan mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Jayapura pada tanggal 25 sampai 27 Maret 2022 mendatang,” ujar Abdul Rahman Basri yang pernah menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura tersebut usai memimpin rapat pengurus persiapan tersebut, Jumat (28/1/2022) malam.

Sedangkan untuk lokasi pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Jayapura, lanjut Abdul Rahman Basri, nantinya direncanakan berlangsung di salah satu fasilitas olahraga yang berada di kawasan Lanud Silas Papare, Kemiri, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Kami sedang menyusun nama-nama panitia dan jika sudah disetujui baru kami akan menyurat ke Komandan Lanud untuk mendapat ijin atau persetujuan penggunaan fasilitas tersebut,” imbuh mantan Asisten 1 Setda Kabupaten Jayapura ini.

Lanjut Abdul Rahman Basri menuturkan, Ini merupakan satu rangkaian pembinaan dari seluruh kader-kader qori dan qoriah yang direkrut dari tingkat kampung, dari tingkat TPQ-TPQ, kemudian di tingkat kampung dan distrik, sehingga itu merupakan bagian dalam rangka pembinaan dan pemberdayaan dalam rangka meningkatkan kualitas seni baca al-Quran melalui wadah LPTQ Kabupaten Jayapura.

“Dengan persiapan yang baik, kita harapkan agar tiap-tiap distrik nanti bisa mengikuti setiap nomor lomba yang telah ditetapkan sebagai nomor lomba dalam STQ kali ini,” pungkas pria yang pernah menjabat sebagai Kepala DMPK Kabupaten Jayapura tersebut.

Adapun nomor-nomor lomba yang akan selenggarakan dalam MTQ tingkat Kabupaten Jayapura menyesuaikan dengan MTQ tingkat Provinsi Papua. Yakni selain Tilawatil Quran dan Tilawah Quran, juga akan memperlombakan nomor Fahmil Quran (cerdas cermat), Syarhil Quran (ceramah), Hifzil Quran (hafalan), Kaligrafi, Makalah (karya tulis ilmiah Al-Qur’an/KTIQ) dan Tartil Quran.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here