Minggu, Januari 29, 2023

Pelantikan DPD KNPI Kabupaten Jayapura, Ini Pesan Sekda Hana

Ketua DPD KNPI Papua, Benyamin Gurik melantik ketua dan pengurus DPD KNPI Kabupaten Jayapura, di Aula Lantai II, Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura. Rabu, 19 Oktober 2022

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dra. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., menghadiri Pelantikan dan Orientasi Kepemudaan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Jayapura, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu, 19 Oktober 2022.

Kepada wartawan, Sekda Kabupaten Jayapura, Dra. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., mengucapkan selamat dan memberi apresiasi kepada segenap pengurus yang telah dilantik.

Ia mengatakan, jika sumpah janji yang telah disebutkan tadi dalam pelantikan tersebut, dapat terwujud dan terlaksana.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Jayapura, kami memberikan apresiasi dari pelantikan ini. Semoga komitmen (janji) yang tadi diucapkan dalam pelantikan itu dapat terwujud dan terlaksana dengan baik,” kata Hana Hikoyabi, ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini usai menghadiri pelantikan tersebut.

“Pesan dari Bupati Jayapura untuk pengurus yang baru, bahwa KNPI di Bumi Kenambai Umbai cuma satu. Kemudian, segala aktivitas yang negatif tidak boleh dilakukan, tapi isi kompetisi ini dengan hal-hal atau aktivitas yang positif,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Papua Benyamin Gurik meminta kepada ketua beserta jajaran pengurus DPD KNPI Kabupaten Jayapura yang baru dilantik ini, untuk mengembalikan marwah pemuda di Bumi Khenambai Umbay yang telah hilang kurang lebih tiga (3) tahun terakhir ini.

Demikian permintaan yang disampaikan secara langsung oleh Ketua KNPI Papua, Benyamin Gurik usai melantik pengurus DPD KNPI Kabupaten Jayapura periode 2022-2025.

Dikatakannya, selain hilangnya marwah pemuda, kepengurusan juga telah terjadi kevakuman selama tiga tahun ini. Sehingga dengan adanya pelantikan pengurus baru, maka dipastikan kepengurusan telah valid untuk periode 2022- 2025.

Pria yang akrab disapa Benny ini menyampaikan apresiasi dan juga ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura, yang telah mengambil langkah seirama dengan apa yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Papua. Yang mana, hanya mengakui KNPI di Papua cuma satu.

Diakuinya, bahwa KNPI di sejumlah daerah terpecah-pecah, tapi kemudian Kabupaten Jayapura melalui pesan Bupati Jayapura yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten Jayapura dalam sambutannya, bahwa saat ini dan seterusnya KNPI Kabupaten Jayapura hanya satu dan tidak ada lagi dualisme.

Dengan adanya pernyataan tersebut, membuktikan bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura memberikan perhatian serius terhadap keberadaan KNPI. Untuk itu, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah, seraya berharap kehadiran wadah pemuda (KNPI) ini di Kabupaten Jayapura dapat menjawab kevakuman yang terjadi selama ini.

“Kami berharap kehadiran KNPI disini bisa merubah citra dan mengembalikan marwah pemuda. Sebab dalam sejarahnya, KNPI Provinsi Papua kebanyakan mendapat suplay kader-kader dari pemuda Kabupaten Jayapura, yang kemudian menjadi tokoh di Provinsi Papua,” paparnya.

Selain itu, dirinya menambahkan, KNPI Kabupaten Jayapura dibawa kepemimpinan Bung Fidel (Christoper) Suebu dengan pengurusnya yang baru ini bisa kembalikan KNPI Kabupaten Jayapura seperti semula, yang bisa melahirkan orang-orang hebat melalui wadah pemuda ini untuk dilatih dan dipersiapkan, guna menjadi orang-orang hebat bagi masyarakat, untuk pemerintah dan untuk pembangunan kedepan di Papua.

“Karena Kabupaten Jayapura ada di ibu kota provinsi, jadi kiblat pemuda ini bercermin dari kabupaten dan kota Jayapura. Bagaimana mengurus oragnisasi, bagaimana melahirkan orang-orang yang hebat, orang-orang yang bisa diandalkan oleh pemerintah dan masyarakat,” ungkapnya.

Benny Gurik juga berharap Ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura yang baru dilantik bersama pengurusnya bisa mengatasi kevakuman. Selain itu, wadah pemuda KNPI ini bisa dibawa turun hingga ke kampung-kampung dengan program kerja nyata.

“Pengurus baru seperti yang disampaikan oleh bung ketua terpilih tadi, bahwa beliau ingin menghadirkan KNPI di kampung-kampung, juga melibatkan pemuda di tingkat bawah. Semoga komitmen untuk membawah KNPI sampai ke kampung itu benar-benar diwujudkan dan jangan hanya menjadi sebatas wacana saja,” pungkasnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here