Minggu, Juli 21, 2024

Pekan Jajanan Jayapura, Pj Triwarno: Perputaran Ekonomi Maju di Sentani

Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo ketika mencoba racikan minuman di salah satu produk UKM Pekan Jajan Jayapura di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura. Senin, 6/5/2024

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Pekan Jajanan Jayapura yang dibuka dari tanggal 4-11 Mei 2024 mendapat kunjungan dari masyarakat Sentani.

Menggelar event Pekan Jajanan Jayapura oleh Komunitas UKM Jayapura. Id edisi Sentani ada sekitar 40 tenant UKM dihadirkan.

Kegiatan ini secara resmi dibuka Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Senin, 6/5/2024.

Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo saat diwawancara mengatakan kegiatan event Jajan Jayapura memberikan sesuatu yang positif, rasa bahagia sebab Kabupaten Jayapura khusus Kota Sentani semakin hari semakin menunjukkan ciri-ciri perkotaan yang kuat. Dan itu bisa dilihat dari ramainya kegiatan perekonomian yang begitu hidup di setiap event yang dilakukan.

“Kita bisa melihat, kita disuguhi dengan salah satu event Pekan Jajan Jayapura. Id dan atas ini kami dari Pemerintah sangat mengapresiasi. Kita membutuhkan mitra-mitra seperti ini dalam rangka meningkatkan peran UKM yang lebih baik dalam perputaran ekonomi di Kabupaten Jayapura,” jelasnya.

Menurut Pj Triwarno, UKM tumbuh dan berkembang yang di dalamnya ada potensi tetapi juga ada kendala. Ini bagian dari upaya untuk kita sama-sama membantu UKM supaya bisa maju meningkatkan produksinya.

“Dari kualitas hasil-hasil UKM diakuinya tidak kalah bahkan mampu menghasilkan kualitas hingga mutu yang berkualitas. Tinggal bagaimana pendampingan dan pembinaan yang baik sehingga bisa berkembang,” ucapnya.

Maka itulah, Pj Bupati Jayapura mengajak warga Sentani untuk datang di arena Pekan Jajan Jayapura di halaman Kantor Bupati Jayapura.

Bukan hanya datang, tetapi masyarakat Sentani harus jajanan yang disediakan oleh UKM di Sentani. Event jajanan Jayapura ini juga menghadirkan UKM lokal dengan produk es krim sagu.

“Di sini tidak ada pembedaan, siapapun yang mau meramaikan event jajanan Jayapura UKM dapat bergabung. Jadi  tidak sendiri-sendiri tetapi tumbuh bersama-sama untuk saling support,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua komunitas UKM Jayapura. Id, Herman Kristafare menyampaikan event Jajanan Jayapura ini sebagai ajang platform UKM untuk memasarkan produknya masing-masing.

“Event pekan jajanan dan gelar selama sepekan. Untuk tenant yang dihadirkan berjumlah 40 jenis sedangkan untuk UKM ada sekitar 80,” katanya.

Untuk target sendiri, Ia mengungkapkan memunculkan produk-produk baru khusus UKM lokal Sentani. Kemunculan UKM baru itu juga sebagai satu misi dan visi pengembangan UKM yang kita lakukan khususnya untuk wilayah Sentani.

Yang kita lakukan ini sudah yang kedua, di Sentani kita lakukan karena ada produk unggulan yang bisa kita angkat. Sedangkan untuk target omzet sekitar 1-2 juta tergantung isi dari masing-masing tenant yang dipasarkan.

“Tujuan dari UKM Jayapura. Id ini, bagaimana UKM yang ada mampu bersaing dengan jajanan yang mereka miliki dan dapat berkembang,” pungkasnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here