Kamis, Agustus 11, 2022

Pekan Depan 3 Kakam Terpilih di Distrik Sentani Siap Dilantik

Kepala Distrik (Kadistrik) Sentani, Eroll Yohanis Daisiu

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Meskipun sebelumnya ada masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang ada di Kampung Yahim dan Kampung Hobong saat proses Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) beberapa waktu lalu, namun dua Kakam terpilih pada ajang Pilkakam 2021 di Kabupaten Jayapura itu tetap bakal dilantik.

Rencananya, dua Kakam terpilih itu, bakal dilantik pekan depan bersamaan dengan Kepala Kampung Yobeh terpilih di Obhe Relauw, Kampung Yahim, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Hal tersebut disampaikan Kepala Distrik (Kadistrik) Sentani, Erooll Yohanis Daisiu, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/11/2021).

Rencananya Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si, akan melantik 3 Kepala Kampung tersebut.

Tanggal pelantikan 3 Kepala Kampung terpilih hasil Pilkakam 2021 Kabupaten Jayapura terungkap setelah Kepala Distrik Sentani Eroll Yohanis Daisiu mengundang unsur Muspidis yang ada di tiga kampung untuk hadir dalam pertemuan di Halaman Kantor Distrik Sentani, guna menyepakati proses pelantikan 3 Kepala Kampung tersebut.

Eroll Yohanis Daisiu mengatakan, pelantikan 3 kepala kampung terpilih direncanakan pekan depan. Sedangkan dua kampung yakni, Kampung Yahim dan Kampung Hobong, yang sempat bermasalah dan ada persoalan, kata dia, sudah tidak lagi dipersoalkan.

“Kami di Distrik Sentani bersyukur sudah lakukan pertemuan besar di halaman kantor Distrik Sentani beberapa waktu lalu. Dan, dua kampung yang kita undang yaitu Kampung Yahim dan Kampung Hobong. Seluruh Ondofolo dan Khose sudah menyatakan siap segera dilantik, jadi otomatis Kampung Yobeh yang tidak bermasalah itu juga kita ikutkan sama-sama,” katanya.

“Ya kami rencanakan pelantikan 3 kepala kampung terpilih ini dilaksanakan pekan depan tanggal 29 November 2021 di Obhe Relauw Kampung Yahim. Terkait pelantikan 3 kepala kampung ini sudah kami informasikan kepada bapa Bupati, untuk melantik 3 kepala kampung tersebut,” tambah Eroll Daisiu.

Untuk mempercepat proses pelantikan, Kadistrik Sentani mengundang seluruh unsur Muspidis yang ada di tiga kampung untuk hadir pada pertemuan yang dihelat di halaman kantor Distrik Sentani beberapa waktu lalu.

“Ya, ada dua kampung yang kita undang untuk hadir dalam pertemuan itu yakni, Kampung Yahim  dan Yobeh yang bermasalah dan kita juga ikut menghadirkan masyarakat Kampung Yobeh dalam pertemuan tersebut. Dalam rapat besar yang kita lakukan pada Jumat (19/11/) lalu, para unsur Muspidis dari dua kampung (Yahim dan Hobong) itu sudah sepakat dengan seluruh Ondofolo/Khose bersama pemerintah distrik, agar segera lakukan pelantikan pekan depan di tanggal 29 November,” imbuhnya.

“Sehingga kami samakan saja, pelantikan yang telah disepakati pada 29 November itu. Kampung Yobeh yang tidak bermasalah itu, langsung ikut bergabung dalam pelantikan tersebut. Jadi sekaligus 3 kepala kampung dilantik dan rencananya pak Bupati yang lantik 3 kepala kampung itu,” tambahnya.

Pada dasarnya, sambung Eroll, pelantikan tiga Kepala Kampung dilakukan secara normal dan juga secara kedinasan, karena ketiga kampung ini masih berstatus dinas dan baru diusulkan menjadi kampung adat.

“Kami berharap Kepala Kampung yang dilantik nanti, agar melaksanakan tugas secara profesional, yang sesuai SOP tentang pengelolaan anggaran karena anggaran tersebut milik masyarakat,” tukas Eroll Yohanis Daisiu penuh harap.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here