Selasa, April 16, 2024

Pasca Terbakarnya Gedung D, 4 OPD Berkantor di GOR Toware dan 2 OPD Berkantor di SBY

Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP ketika berbincang dengan beberapa Kepala Bidang usai Apel Pagi, Senin (30/10/2023) di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani.

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Pasca kebakaran yang menghanguskan 6 kantor dinas di Pemkab Jayapura pada 29/10/2023 lalu, seluruh aktivitas pelayanan dari enam dinas yang ada di Gedung D Kantor Bupati Jayapura, akan dipusatkan ke GOR Toware dan Stadion Barnabas Youwe (SBY) mulai berlaku hari ini (31/10/2023), hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP usai pimpin apel pagi, Senin (30/10/2023).

Pemindahan aktivitas pelayanan bagi enam dinas harus kita lakukan. Adapun enam kantor dinas yang ada di Gedung D yakni Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Pertanian), Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pariwisata, serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Jadi ada enam SKPD (OPD), jadi tim inventarisasi ini sudah jalan sejak kemarin dan hari ini mereka akan melaporkan kepada kami. Sebelum jam 12 siang, kita sudah pastikan ada tiga atau empat SKPD yang rumpun ekonomi di GOR Toware dan dua (2) SKPD lainnya di SBY,” katanya, ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini usai pelaksanaan Apel Pagi, Senin, 30 Oktober 2023.

Ia mengatakan, hari ini 6 OPD (bersifat) sementara untuk menempati lantai dua (2) di Gedung A Kantor Bupati Jayapura, sebelum mereka punya kerangka acuan dan juga kebutuhan yang akan dikerjakan untuk diajukan sekarang ini.

“Kemudian, tim TAPD hari ini kembali melakukan rapat lanjutan tindaklanjut dari rapat kemarin sikapi peristiwa kebakaran. Pasca peristiwa kebakaran, kita sudah putuskan akan melakukan pemasangan CCTV zoom di beberapa titik di areal Gunung Merah ini,” paparnya.

Selanjutnya, kata Mama Sekda sapaan akrabnya, setiap Perangkat Daerah (PD) akan membuat (bentuk) tim jaga, untuk menjaga kantor mereka masing-masing.

“Itu Perangkat Daerah (PD) punya tanggung jawab. Kemudian, semua penjual yang ada di dalam areal Gunung Merah Kantor Bupati Jayapura ini ditertibkan. Mereka harus berada di luar kantor atau tinggal di rumah, nanti pagi baru datang jualan di sini. Supaya penertiban di Gunung Merah ini bisa berjalan dan tidak ada orang luar yang menyusup di sini,” tegasnya.

Ia menyebutkan, ada pembersihan di sekitar areal Kantor Bupati Jayapura seperti pohon-pohon yang lebat semuanya dipangkas dan rumput-rumput yang tinggi dibabat, serta setiap sudut ruangan kantor dibersihkan.

“Sehingga Kantor Gunung Merah ini kelihatan rapi, bersih dan tidak ada peluang kepada penjahat atau orang-orang yang berniat jahat untuk sembunyi di sini. Penerangan di areal Gunung Merah ini juga kita akan buat di setiap sudut ruangan kantor sama seperti dengan pemasangan CCTV,” sebut mantan Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura ini.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here