Minggu, Juli 21, 2024

Otsus Hadir Bagi OAP, Distrik Waibu Gelar Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Meningkatkan Kapasitas masyarakat Orang Asli Papua (OAP) Pemerintah Distrik Waibu melakukan kegiatan Pelatihan dan Keterampilan Kerajinan Tangan yang dibuka langsung oleh Kepala Distrik Waibu, Jenny Deda, di Aula Balai Pertanian Toware Doyo Lama, Selasa, 11/06/2024.

Pelatihan dan keterampilan kerajinan tangan diikuti sekitar 100 orang peserta yang terdiri dari 7 kampung di Distrik Waibu.

Kepala Distrik Waibu, Jenny Deda saat diwawancara mengatakan kegiatan pelatihan dan keterampilan kerajinan tangan dilakukan sebagai pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan pembelajaran supaya warga lokal mampu mandiri.

“Melalui pelatihan ini juga dapat mewujudkan pendidikan keterampilan OAP sehingga memiliki keterampilan yang mumpuni bagi masyarakat Distrik Waibu,” ujarnya.

Narasumber yang didatangkan juga adalah orang yang berkompeten di Kabupaten Jayapura.

“Jadi pak Korinus Ohee ini memang pelopor seni lukis dan ukir di Kabupaten Jayapura dan kita sudah bisa melihat hasil karyanya di Asei Pulau ,” katanya.

Tidak hanya itu, Jenny Deda juga mengungkapkan kegiatan ini dapat menghasilkan kerajinan tangan yang berbeda dari daerah lainnya dan itu menjadi ciri khas dari Distrik Waibu yang bisa dikenal di kalangan masyarakat luas, serta peningkatan ekonomi bagi kehidupan masyarakat di kampung.

Jenny Deda berharap, kegiatan pelatihan dan keterampilan kerajinan tangan yang dilakukan Pemerintah Distrik Waibu dari 7 kampung memiliki potensi dan mampu menghasilkan ciri khasnya Waibu. Apalagi di setiap wilayah Sentani berbeda-beda seninya. Jadi ada ukiran yang berbeda dari setiap wilayah baik Sentani Timur, Sentani, Sentani Barat dan Waibu.

“Seni lukis dan seni merias wajah yang dilatih, sehingga khas dari Waibu sendiri bisa dikenal juga dengan masyarakat. Hasilnya mampu menaikkan kreativitas dan perekonomian di Distrik Waibu yang merupakan hasil kerajinan yang dibuat, akan dipasarkan di Festival Danau Sentani (FDS) pada tanggal 19 Juni 2024,” jelasnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here