Jumat, Januari 27, 2023

Otsus Didekatkan Dengan Program Mobile Klinik

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Kabupaten Jayapura masih memiliki daerah yang sulit dijangkau, sebut saja Distrik Airu dengan 6 kampung yang seluruhnya sulit dijangkau, Distrik Kaureh dengan Kampung Umbron yang sulit juga untuk dijangkau dan┬áDistrik Ravenirara dengan status kampung-kampung sangat terpencil.

Ketersediaan sarana kesehatan belumlah cukup mendekatkan layanan kepada masyarakat. Otonomi Khusus (Otsus) dapat didekatkan dengan mobile klinik.

Tahun 2022, Bupati Jayapura melalui Dinas Kesehatan melaksanakan mobile klinik di 7 kampung oleh 7 tim yang beranggotakan 7 orang tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, analis kesehatan dan sanitarian.

Kampung Pagai salah satunya yang merupakan bagian Distrik Airu dengan luas wilayah keseluruhan 591,5 km2 dan kepadatan penduduknya kurang dari 1 jiwa per km2, maka pemerintah harus hadir di rumah-rumah penduduk sebagai tanda kehadirannya.

Tanggal 10 Oktober 2022, Tim Kesehatan memberikan pelayanan terpadu seperti:

  1. Pelayanan Kesehatan perorangan/pemeriksaan kesehatan dan pengobatan
  2. Pelayanan Kesehatan Lingkungan
  3. Pemeriksaan Darah
  4. Pemeriksaan Gizi
  5. Layanan Imunisasi dan layanan program lainnya

Selain itu Tim Kesehatan juga membawa bahan kontak seperti bahan makanan tambahan dan pakaian layak pakai bagi masyarakat. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena tim langsung mendatangi rumah-rumah mereka. Selain di rumah, tim juga turun ke tempat kerja masyarakat yaitu kebun, untuk memberikan pelayanan pengobatan dan pencegahan.

Program rutin ini terus dilakukan untuk mendekatkan otsus kepada masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di bidang kesehatan.

Link: https://dinkes.jayapurakab.go.id/otsus-didekatkan-dengan-program-mobile-klinik/

#PromosiKesehatan

#DinasKesehatanKabJayapura

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here