Jumat, Januari 27, 2023

Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator, Ini Penegasan Bupati Jayapura

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., melantik para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di Lingkungan Pemkab Jayapura, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, kemarin.

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., mengambil sumpah/janji dan melantik 4 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama setara Eselon II.b dan pejabat Administrator setara Eselon III.a atau III.b di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.

Pelantikan pejabat tersebut merupakan bagian dari proses penyesuaian kebutuhan personil yang telah terjadi kekosongan jabatan itu berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, kemarin.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji para pejabat yang berlangsung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Jayapura Nomor: SK.8212.2-41 dan juga Keputusan Bupati Jayapura Nomor: SK.8212.2-41 tanggal 17 Desember 2021 tentang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di lingkungan Pemkab Jayapura.

Sebanyak 4 jabatan Eselon  II.b diambil sumpah janjinya dan dilantik untuk mengisi jabatan baru sebagaimana Keputusan Bupati Jayapura Nomor : SK.8212.2-41 Tanggal : 17 Desembar 2021. Yakni, Elphyna E. D. Situmorang, AP., S.Sos., M.KP sebagai Asisten I Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Jayapura, Drs. Suliyono sebagai Kepala Bidang Perindustrian pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayapura, Dra. Delila Giay, M.Si, sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jayapura dan Gustaf Griapon, S.T, sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura.

Sedangkan untuk jabatan Eselon III.a dan III.b yang diambil sumpah janjinya dan dilantik mengisi jabatan baru sebagaimana Keputusan Bupati Jayapura Nomor : SK.8212.2-42 Tanggal : 17 Desembar 2021. Yakni, Budi Projonegoro Yokhu, S.STP, sebagai Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Jayapura, Sabri M. Nur, S.Kom, M.Si, sebagai Kepala Bidang Layanan E-Goverment pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura, Thimothius Taime, S.H, sebagai Kepala Bagian Hukum dan Perundang-undangan Setda Kabupaten Jayapura, Haslipa, S.E, sebagai Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura dan Greq Virgilius Diaah Yoku, S.STP, sebagai Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura.

Dalam sambutannya, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., menekankan secara khusus beberapa hal penting. “Kepada Dinas Ketahanan Pangan karena Kabupaten Jayapura saat ini sedang menjalankan program-program nasional yang sangat serius sehingga segera harus bekerja cepat supaya bisa mengambil langkah-langkah percepatan, kemudian Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga harus melakukan beberapa inovasi dan harus lebih kerja keras lagi karena ini tuntutannya lebih cepat, lebih besar karena itu dengan perubahan ini kita berharap ini bisa memberi energi baru untuk percepatan-percepatan yang harus dilakukan segera,” kata Bupati Mathius memberi arahan.

Khusus untuk Humas, Bupati berpesan, juga protokol dibenahi ke dalam secara lebih serius karena selama ini publikasi kinerja pemerintah daerah masih lemah.

“Kita lihat juga di media massa ini harus diformat dan banyak sekali yang kita kerjakan, tetapi belum dipublikasi secara terstruktur, tersistem baik. Karena itu, kita berharap ini bisa dibenahi secara baik, koordinasi dengan asisten setda yang ada supaya wibawa pemerintah itu bisa disuarakan dengan lebih baik dan lebih profesional, kita lemah di situ,”

Bupati berharap hal-hal ini menjadi perhatian kita semua untuk mendesak kita lakukan saat ini. “Juga PTSP agar profesionalisme dan keterbukaan informasi, harus menjadi perhatian besar supaya tahun 2022 ada perubahan-perubahan besar yang bisa kita tampilkan wajah pemerintah yang lebih baik, lebih maju dengan perubahan-perubahan ini,” kata Bupati Mathius di Aula lantai II Kantor Bupati, kemarin.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Mathius tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para pejabat yang baru dilantik atas tanggung jawab baru dan sudah bersedia diambil sumpah janji. oleh karena itu Bupati berpesan untuk bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan apa yang sudah diucapkan dalam sumpah janji tersebut dan menjadikan itu menjadi motivasi untuk bisa bekerja lebih maksimal.

Usai melaksanakan pelantikan Bupati Mathius kepada sejumlah awak media mengatakan bahwa para pejabat yang dilantik ini adalah sebelumnya para Pelaksana Tugas (Plt) di eselon II yang mengisi kekosongan jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Ini Plt yang sudah lama di eselon II kemudian kita lantik kemudian juga di eselon III ada beberapa posisi yang kosong tapi juga ada beberapa yang mau kita tingkatkan karena (waktunya) mendesak,”

Bupati selanjutnya mengatakan jika pejabat yang dilantik ini sudah melalui beberapa tahapan penilaian dan sudah sesuai kebutuhan karena keputusan bupati ini sudah berdasarkan pantauan tim penilai yang memberikan rekomendasi.

“Jadi ini kan berdasarkan penilaian-penilaian yang kita lakukan rotasi, setiap 3 bulan atau setiap 6 bulan itu ada daftar penilaian yang dilakukan oleh tim, jadi siapa yang menilai angkanya berapa dan seterusnya dari berbagai indikator yang ada, terakhir baru bupati tandatangan. itu sudah rutin setiap di setiap OPD,” terang Bupati Mathius diplomatis.

Bupati Mathius berharap, pelantikan pejabat baru di lingkungan Pemkab Jayapura ini bisa manjadi semangat baru untuk bekerja lebih baik lagi di tahun yang baru nanti.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here