Sabtu, April 13, 2024

Kurang Hati-Hati, Dua Ruko di Doyo Baru Habis Terbakar Ini Penjelasan Kepala BPBD

Kepala Dinas BPBD Kabupaten Jayapura, Jan Welem Mehue

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Berada di samping pompa bensin Doyo Baru dua rumah kontrak (Ruko) semi permanen yang berada di jalan poros Sentani Depapre, Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu habis dilahap Si Jago Merah.

Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jan Welem Mehue didampingi Kepala Distrik Waibu Jenny Susan Deda, S.STP., M.KP Beserta Sekertaris Distrik Frans Albert Yoku memberikan penjelasan terkait dengan kebakaran yang terjadi di Kampung Doyo Baru, (23/1/2023).

Jan Mehue menuturkan bahwa kebakaran yang terjadi diperkirakan pada Pukul 03.00 WIT subuh hari, kemudian kami dari pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) sendiri belum mendapatkan laporan pengaduan dari masyarakat terkait dengan kebakaran yang terjadi pada saat waktu kejadian.

“Kebakaran terjadi kurang lebih jam 03.00 dan jangka waktu tidak sampai satu jam karena bahan material dari bangunan terbuat dari kayu dan juga ada bahan plastik dan ada juga bahan Fiber yang mengakibatkan api begitu cepat membakar habis,” ucap Jan Mehue.

Jan Mehue juga menginformasikan bahwa dari segi fasilitas kami masih kurang maka dari itu dirinya mengambil langkah untuk turun langsung ke lapangan dikarenakan belum ada informasi yang masuk ke Pos Satgas Damkar Kabupaten Jayapura dan beliau mengecek secara langsung peristiwa kebakaran yang terjadi.

Sesuai dengan laporan dari warga sekitar dan dari pemilik tempat usaha bahwa api baru bisa dipadamkan oleh pihak kepolisian dengan menggerakan 1 unit mobil tangki milik Polres Jayapura, sedangkan untuk penyebab kebakaran sendiri masih belum bisa dipastikan.

“Sesuai dengan arahan Pj Bupati Jayapura 2 minggu lalu agar semua masyarakat di Kabupaten Jayapura dapat menghidupkan Sistim Keamanaan Lingkungan (Siskamling) dan juga menjaga keamanaan lingkingan,” kata Jan Mehue.

Jan juga Menghimbau kepada warga masyarakat agar selalu waspada dan menjaga keadaan baik di rumah dan lingkungan sekitar serta mengaktifkan Siskamling.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here