Minggu, Juli 21, 2024

Kunker ke Pemkab Jayapura, Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun: Tim Pengendalian Inflasi Lebih Aktif

Penjabat (Pj) Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Kunjungan Kerja Penjabat (Pj) Gubernur Papua Ridwan Rumasukun beserta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Papua terkait upaya konkret pengendalian inflasi Kabupaten Jayapura, Selasa, 04/06/2024.

Penjabat (Pj) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura untuk melaporkan progres inflasi dan stunting untuk progres setiap harinya.

Dari data yang diterima, Kunjungan kerja ke Pemkab Jayapura dilakukan karena sejauh ini tidak ada laporan progres mengenai perkembangan inflasi dan stunting ke kami (Pemprov) Papua kata Pj Rumasukun dalam pertemuan dan sesi tanya jawab yang dilakukan di Aula dua Kantor Bupati Jayapura, Selasa (4/6/2024).

Dari data yang diterima, wilayah Provinsi Papua ada empat daerah yang belum menyerahkan laporan inflasi yakni Kabupaten Mamberamo Raya, Keerom, Kabupaten Jayapura dan Waropen.

“Kami akui bahwa kegiatan dalam rangka menjaga inflasi tetap stabil telah dilakukan bahkan jauh dari apa yang ditargetkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), namun kurangnya hanya laporan kepada Pemprov Papua tidak dilakukan,” ujarnya.

Dijelaskan untuk laporan inflasi maupun stunting itu sangat penting dilakukan setiap wilayah untuk menjaga keseimbangan antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

“Hal itu perlu dilakukan supaya pemerintah provinsi bisa membantu ketika ada hambatan, kendala, atau kekurangan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten, kota dalam rangka meningkatkan progres pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo mengatakan kegiatan dalam rangka menjaga inflasi terus dilakukan baik dengan digelarnya pasar murah maupun membantu alat dan bibit pertanian kepada kelompok tani di daerah ini.

“Jadi sejauh ini apa yang dilakukan telah membantu menjaga kenaikan inflasi tetap baik, terlihat dengan stabilnya harga bahan pokok seperti beras, jagung dan kebutuhan lainnya,” jelasnya.

Dia juga berjanji setelah pelaporan ini maka pihaknya akan meminta kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Jayapura untuk melaporkan setiap hari mengenai progres inflasi di daerah ke Pemprov Papua.

“Kami berharap apa yang telah dikerjakan itu bisa dilihat secara langsung oleh teman-teman provinsi dan pusat sehingga adanya kesenambungan dalam hirarki pemerintahan,” harpannya.

Pj Triwarno juga berharap kepada Tim TAPD untuk perhatikan apa yang menjadi kekurangan kita untuk diperbaiki.

“Pemkab Jayapura sudah baik, namun yang menjadi catatan bagi kami tidak melapor ke tim TAPD provinsi Papua,” pungkasnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here