Kamis, Agustus 11, 2022

Kunjungan Kerja Bupati Mathius Di Distrik Airu

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si, didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd, ketika disambut dan diarak oleh masyarakat di Distrik Airu, Senin (6/12/2021)

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Menjelang akhir tahun 2021, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si., melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Distrik Airu pada Senin (6/12/2021). Dalam kunker ini juga Bupati bersama TNI-Polri dan Masyarakat Distrik Airu menggelar perayaan Natal Tahun 2021, yang dilaksanakan di halaman UPTD Puskesmas Airu, Kampung Hulu Atas, Distrik Airu, Kabupaten Jayapura.

Dalam kunker kali ini, Bupati Mathius didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd, Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Wagus Hidayat, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus Williamson Agusthinus Maclarimboen, Plt Asisten I Elpina Situmorang, Asisten III Timothius J. Demetouw, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie, Kepala DP2KP Kabupaten Jayapura Terry F. Ayomi, Kedisdik Kabupaten Jayapura Ted Y. Mokay, Kepala DPMK Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra, Kadishub Kabupaten Jayapura Alfons Awoitauw dan Kepala DLH Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri.

Turut juga mendampingi Kepala DKP Kabupaten Jayapura Rudy A. Saragih, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jayapura Arry R. Deda, Kepala Dinas TPH Kabupaten Jayapura David A. Zakaria, Kabag Humas Setda Kabupaten Jayapura Sabri M. Nur, Kabag Umum Setda Kabupaten Jayapura Demas Worumi, Kasubbag Protokoler Setda Kabupaten Jayapura Timothius Taime serta sejumlah ASN dilingkungan Pemda Kabupaten Jayapura.

Dalam kunker kali ini Bupati Jayapura bersama rombongan melewati jalur darat menggunakan roda empat jalan lintas Jayapura-Wamena dengan jarak tempuh perjalanan darat sekitar 8 jam, disambut Kepala Distrik Airu Jems Bano, S.IP, bersama ratusan warga di Hulu Atas, kemudian diarak menuju halaman Puskesmas Airu dengan tari tarian adat dan nyanyian adat dari suku setempat.

Bupati Mathius mengatakan atas nama Pemerintah Daerah, keluarga dan pribadi Bupati Jayapura mengucapkan selamat Hari Natal Tahun 2021 kepada seluruh masyarakat yang ada di Distrik Airu.

“Ya, hari ini kami ada di Distrik Airu, tepatnya di ibukota distrik Hulu Atas. Ini sudah ada rapat minggu lalu di kantor, yang memutuskan bahwa perayaan Natal bersama Pemda, TNI/Polri dan masyarakat di tahun ini, itu diselenggarakan di Distrik Airu yang merupakan distrik yang paling terjauh dari Kabupaten Jayapura,” kata Mathius Awoitauw ketika ditanya wartawan media online ini di sela-sela kunker di Hulu Atas, Distrik Airu, Kabupaten Jayapura, Senin (6/12/2021) sore.

Bupati Mathius menambahkan, perayaan Natal yang selama ini diselenggarakan di Gunung Merah, Sentani (Kantor Bupati Jayapura). Jadi, hari ini kita keluar rayakan Natal. Karena sekian tahun, masyarakat yang jauh ini tidak pernah sempat melihat perayaan Natal bersama dan merayakan Natal bersama-sama dengan pemerintah daerah. “Oleh karena itu, kali ini kita datang kesini dengan semua pimpinan OPD, ada anggota DPRD, ada pa Kapolres, perwakilan Dandim dan seluruh tokoh masyarakat ada semua di sini,” sambungnya.

Dalam kunker ke Distrik Airu ini, selain merayakan Natal bersama, pihaknya juga meresmikan UPTD Puskesmas Airu, UPTD Puskesmas Pagai, menyerahkan 15 uni rumah bagi ASN Distrik Airu, penyerahan bantuan angkutan pedesaan, penyerahan bingkisan Natal berupa bahan pokok dari pimpinan OPD maupun Kepala Dinas Sosial kepada masyarakat, penyerahan bingkisan Natal berupa bahan pokok dari Dinas Pendidikan kepada tenaga guru dan penyerahan bingkisan Natal dari TP-PKK Kabupaten Jayapura kepada ibu-ibu PKK distrik maupun kampung.

Kemudian, penyerahan bingkisan Natal kepada anak-anak, penyerahan alat perlengkapan olahraga dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura, penyerahan dana ADK Tahap II Tahun 2021 dari DMPK Kabupaten Jayapura kepada 6 kampung di Distrik Airu dan penyerahan dua unit mobil Pusling, serta satu unit mobil ambulans.

“Sebagai hadiah Natal kepada masyarakat, hari ini juga kita resmikan (UPTD) Puskesmas Airu. Jadi puskesmas ini termasuk yang terbaik di Airu, biasanya puskesmas seperti ini ada di wilayah kota. Ini adalah puskesmas daerah yang paling jauh agar tenaga medis bisa melayani masyarakat di Distrik Airu. Supaya kesehatan masyarakat di sini bisa terjamin. Jadi itu hadiah Natal untuk seluruh masyarakat di Distrik Airu,” ujarnya.

“Sedangkan hadiah Natal untuk para petugas (ASN dan staf) yang bekerja di sini, juga punya hadiah Natal. Ada 15 unit rumah permanen type 36 dan hari ini juga kita adakan penyerahan kepada Kepala Distrik Airu sebagai aset distrik. Kemudian, ada bantuan angkutan pedesaan jenis mobil Tryton agar masyarakat maupun petugas bisa ke kota, jika ada keperluan mereka. Ini juga kita serahkan hari ini,” tambah Mathius Awoitauw.

Lanjut Bupati Mathius menyampaikan, juga ada bingkisan Natal dalam bentuk bahan pokok (Bapok). “Itu juga semua pimpinan OPD menyumbang luar biasa, tetapi secara khusus Dinas Sosial yang bertanggung jawab menyerahkan bahan pokok sebagai bingkisan Natal. Hari ini juga kita serahkan bingkisan Natal untuk masyarakat. Tetapi, juga ada bingkisan Natal untuk guru-guru dari Dinas Pendidikan. Ibu-ibu PKK juga tidak ketinggalan dengan memberikan 300 bingkisan Natal kepada ibu-ibu di wilayah Airu ini,” bebernya.

“Jadi ini perayaan Natal yang unik, dengan sejumlah hadiah Natal yang begitu luar biasa dan kita rayakan bersama-sama. Ibadah perayaan Natal ini dipimpin langsung oleh Ketua Klasis GKI Nawa Wirway Pdt. Christin Tahitu, yang tinggal di Distrik Kaureh dan bisa datang memimpin ibadah perayaan Natal bersama tersebut. Mudah-mudahan kekhusyukan Natal kali ini bisa dirasakan bersama-sama dengan masyarakat yang paling jauh dari Kabupaten Jayapura,” tukas Mathius Awoitauw.

Dalam kesempatan ini juga warga Distrik Airu yang diwakili oleh Ketua LMA Distrik Airu membacakan sejumlah aspirasi warga mewakili 6 kampung di Distrik Airu.

Dalam aspirasinya meminta pembentukan atau pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) Airu Hulu. Juga meminta pemekaran distrik dan kampung-kampung yang ada di Distrik Airu.

Pihaknya juga meminta tenaga guru berstatus ASN yang tidak pernah datang atau masuk mengajar agar di evaluasi.

Selanjutnya, warga juga meminta, agar pemekaran DOB Airu Hulu tidak bergabung dengan Yapsi-Kaureh.

Sehingga, untuk menjawab aspirasi warga tersebut, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw langsung melakukan pertemuan dengan seluruh masyarakat dari enam kampung di Distrik Airu pada Selasa (7/12/2021), yang berlangsung di Halaman Puskesmas Airu, Hulu Atas, Distrik Airu, Kabupaten Jayapura.

Dalam pertemuan itu, Bupati Mathius didampingi Kepala Distrik Airu Jems Bano, perwakilan Dandim dalam hal ini Danramil Kaureh Lettu Inf. Agustinus Yaru, perwakilan Kapolres Jayapura dalam hal ini Kapolsek. Serta, dihadiri para Asisten dan seluruh pimpinan OPD dilingkungan Pemda Kabupaten Jayapura.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here