Minggu, Juli 21, 2024

KPU Kabupaten Jayapura Luncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  2024, Ini Harapan Pj Bupati Triwarno

Pj. Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, didampingi Ketua KPU Papua Steve Dumbon, Ketua KPU Kabupaten Jayapura Efra Jerianto Tunya, para Komisioner KPU Kabupaten Jayapura dan Sekretaris KPU Kabupaten Jayapura Johny F. Saman ketika menekan tombol sirine sebagai tanda diluncurkannya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jayapura tahun 2024, di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura. Sabtu, 15/06/2024 malam.

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jayapura menggelar Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024, yang digelar di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Sabtu, 15/6/2024 malam.

Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 dihadiri Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, Ketua KPU Papua Steve Dumbon, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Cintiya Ruliani Talantan dan jajaran Forkopimda Kabupaten Jayapura, serta para kepala OPD, kepala Distrik dan masyarakat Kabupaten Jayapura.

Peluncuran pesta demokrasi Pilkada serentak ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Pj. Bupati Jayapura, juga secara resmi meluncurkan jingle dan maskot Pilkada Kabupaten Jayapura.

Acara dimeriahkan artis lokal milenial Papua.

Pj Bupati Jayapura kepada wartawan mengatakan, malam ini, tahapan Pilkada serentak pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayapura secara resmi akan dimulai.

Dibutuhkan peran serta semua pihak, baik penyelenggara maupun pengawas Pemilu, peserta Pilkada dalam mentaati seluruh ketentuan dan rambu-rambu yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

“Kita memberi kepercayaan kepada KPU Kabupaten Jayapura, bila dilihat sejauh ini hingga tahapan malam ini, segala sesuatu sudah dipersiapkan dengan baik,” ucapnya.

Dengan komitmen peluncuran ini, kita perlu menjalin konsolidasi dan koordinasi yang lebih harmonis lagi, untuk semua penyelenggara Pemilu dari tingkat kabupaten sampai di tingkat kampung/kelurahan.

Lalu kepada pihak Bawaslu, pihak TNI-Polri, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat harus saling mendukung sesuai dengan perannya masing-masing.

“Agar persiapan dan seluruh tahapan bisa berjalan dengan baik dan lancar sinergitas yang baik antar seluruh unsur Forkompimda, pemerintah daerah, pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda, serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Jayapura dapat mensukseskan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayapura tahun 2024,” harapnya.

Peluncuran tahapan Pilkada ini dapat menjadi momentum bagi semua pihak, baik sebagai penyelenggara maupun pengawas, sebagai peserta Pilkada, untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis demi mewujudkan Pilkada yang demokratis berlandaskan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Pj Triwarno berharap Pilkada tahun 2024 ini berjalan dengan sukses, kondusif, tertib, aman dan lancar, untuk bersama-sama kita membangun Kabupaten Jayapura yang semakin baik ke depan.

Ketua KPU Kabupaten Jayapura Efra Jerianto Tunya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut mensukseskan dan juga ikut mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 yang telah di laksanakan pada 14 Februari 2024 lalu.

Efra Tunya menjelaskan, bahwa kegiatan peluncuran hari ini adalah salah satu bentuk sosialisasi dan juga penyebarluasan informasi kepada masyarakat Kabupaten Jayapura.

Pemilihan Kepala Daerah khususnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayapura itu tahapannya sedang berlangsung dan akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

“Dukungan dari semua pihak sangat penting baik itu pemerintah daerah, aparat keamanan TNI/Polri, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan insan pers, serta semua pihak untuk dapat mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada,” terangnya.

KPU tidak bisa bekerja sendiri dalam menyukseskan Pilkada 2024 di Kabupaten Jayapura, tetapi membutuhkan partisipasi aktif masyarakat di 139 kampung dan lima kelurahan.

Dia mengatakan penyelenggaraan Pilkada bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU tetapi seluruh masyarakat.

Karena itu kata Efra, pihaknya membutuhkan dukungan semua pihak sehingga penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Jayapura berlangsung sebagaimana yang diharapkan.

“Keberhasilan Pilkada itu bukanlah keberhasilan KPU semata, tetapi keberhasilan semua pihak yang mendukung dengan melakukan pencoblosan (tidak golput), serta menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya.

“KPU Kabupaten Jayapura semaksimal mungkin akan mengoptimalkan kerja-kerja KPU untuk mensukseskan kegiatan Pilkada 2024,” tambahnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here