Senin, Agustus 8, 2022

KMAN VI Digelar Oktober, Forkom LKN Papua Mendukung

Sekjen Forkom LKN Papua Junaedi Rahim. Insert: Bupati Jayapura Mathius Awoitauw

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Forum Komunikasi – Lintas Kerukunan Nusantara (Forkom LKN) Papua secara tegas menyatakan siap memberikan dukungan penuh untuk kegiatan-kegiatan masyarakat adat Nusantara, khususnya Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI yang akan dihelat di Bumi Kenambai Umbai pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Penegasan ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forkom LKN Papua Junaedi Rahim ketika dikonfirmasi wartawan media online ini usai menghadiri acara Halal Bihalal BPD Forum SOPAN bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura, TNI-Polri dan masyarakat Kabupaten Jayapura, di Istora Papua Bangkit, Kompleks Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu 28 Mei 2022.

Junaedi Rahim menyebutkan, pihaknya bersama BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura telah diminta oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI di Kabupaten Jayapura, Papua pada bulan Oktober 2022 mendatang.

“Kami sangat mendukung sepenuhnya pelaksanaan kongres masyarakat adat Nusantara yang akan dilaksanakan di Kabupaten Jayapura pada Oktober 2022 mendatang,” ujar pria yang juga Ketua BPD KKSS Kota Jayapura tersebut.

Masih kata Junaedi, dirinya juga siap berpartisipasi secara aktif dalam menyukseskan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI tahun 2022 ini.

“Tentunya, kami akan berpartisipasi aktif untuk suksesnya penyelenggaraan kongres masyarakat adat Nusantara. Kami juga sudah pernah bertemu pak Bupati dan langsung nyatakan siap mendukung, serta siap diberi arahan saat pelaksanaan kongres tersebut,” kata Junaedi Rahim yang juga Anggota DPR Papua.

Junaedi Rahim yang telah dilantik sebagai ketua Forkom LKN Papua bersama kepengurusannya pada 12 Maret 2022 lalu itu merupakan gabungan semua wadah paguyuban dari Aceh sampai Papua.

Junaedi juga menyatakan siap mengkoordinir seluruh paguyuban yang ada di Provinsi Papua guna sukseskan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI 2022.

“Kami akan mengkoordinir seluruh paguyuban mulai dari Aceh sampai Papua, untuk ikut mendukung dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan kongres masyarakat adat Nusantara ke-6 di Kabupaten Jayapura,” ucap Legislator Partai Berkarya Papua ini.

Sebelumnya, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengajak Forum Komunikasi Lintas Kerukunan Nusantara (Forkom LKN) Papua dan Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara (SOPAN) Kabupaten Jayapura, untuk mendukung dengan cara menyuarakan dan menyukseskan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI di Kabupaten Jayapura pada Oktober 2022 mendatang.

“Jadi kegiatan kongres masyarakat adat Nusantara ini bukan agendanya pemerintah, tetapi agendanya masyarakat adat. Oleh karena itu, mari paguyuban-paguyuban yang ada di Forum LKN Papua dan juga Forum SOPAN Kabupaten Jayapura, untuk kita bersama-sama mensukseskan kongres ini,” pinta Mathius Awoitauw ketika dikonfirmasi wartawan usai pelaksanaan Halal Bihalal BPD Forum SOPAN bersama Pemda Kabupaten Jayapura, TNI-Polri dan masyarakat, di Istora Papua Bangkit, Sabtu 28 Mei 2022 lalu.

“Diperkirakan selama 6 hari mulai 24 hingga 29 Oktober 2022 mendatang. Kegiatan ini akan menghadirkan seluruh masyarakat adat yang ada di Indonesia dan jumlahnya mencapai ribuan peserta, serta mereka ini akan tinggal di rumah-rumah masyarakat adat,” tambah Bupati Jayapura dua periode itu.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here