Sabtu, April 13, 2024

Ketua LPTQ ARB Lantik Dewan Hakim STQ XXVII Tingkat Kabupaten Jayapura 2023

Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, didampingi Ketua DMI Kabupaten Jayapura selaku Ketua Panitia STQ XXVII Sakaruddin, ketika melantik Dewan Hakim STQ XXVII Tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2023, di Masjid Agung Al Aqsha, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Kamis, 18 Mei 2023 sore

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Kamis, 18 Mei 2023, bertempat di Masjid Agung Al Aqsha, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Dilaksanakan pelantikan dan orientasi Dewan Hakim STQ XXVII Tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan juga kapasitas dewan hakim dan panitera dalam pelaksanaan STQ XXVII.

Turut hadir Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, Ketua I LPTQ Kabupaten Jayapura Jayapura Mursalim, Ketua MUI Kabupaten Jayapura Moch. Makmun Rosyidi, Ketua DMI Kabupaten Jayapura Sakaruddin, para pengurus LPTQ Kabupaten Jayapura, para dewan hakim dan panitera, serta tamu undangan lainnya.

Pada kegiatan ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri sebagai Ketua LPTQ Kabupaten Jayapura melantik 21 orang dewan hakim dan panitera Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVII Tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2023.

Adapun yang dilantik sebagai Ketua Dewan Hakim STQ XXVII adalah Moch. Makmun Rosyidi, Sekretaris Hafizh Agung Madani dan Panitera Abidin.

“Ini pelantikan dewan hakim STQ XXVII Tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2023, yang telah kita lakukan dan saksikan secara bersama-sama. Di mana, pelantikan dewan hakim dan panitera STQ ini adalah tugas dan amanah yang merupakan salah satu kewajiban dan syarat untuk memasuki penyelenggaraan STQ nanti,” ucap Abdul Rahman Basri ketika dikonfirmasi wartawan media online ini usai acara pelantikan tersebut, Kamis, 18 Mei 2023 sore.

“Sehingga ada beberapa hal yang menjadi tugas, baik itu dalam pengadministrasian qori dan qoriah peserta STQ yakni, penilaian tilawah (bacaan) maupun hifzil (hafalan) yang menjadi cabang lomba dalam pelaksanaan STQ kali ini,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut Abdul Rahman Basri mengatakan, STQ ini merupakan bentuk syiar agama dalam mengamalkan Al-Quran di tengah-tengah masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin memahami isi yang terkandung di dalam Al-Quran dan diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari.

“Selamat kepada bapak/ibu yang baru dilantik. Kami mengharapkan bapak/ibu dewan hakim dapat memberikan penilaian dengan sebaik-baiknya, jujur dan ikhlas kepada qori dan qoriah. Nilai yang diberikan betul-betul objektif termasuk juri lainnya. Tanpa melihat siapa dia, tapi siapa qori-qoriah yang terbaik, layak, dan bagus,” pesannya kepada Dewan Hakim STQ XXVII yang telah dilantik tersebut.

“Sebanyak 21 orang dewan hakim dan panitera telah dilantik yang akan melaksanakan tugasnya pada penyelenggaraan STQ besok. Mereka akan menentukan nilai-nilai terbaik dalam STQ esok hari. Selain itu, tugas mereka akan menetapkan para qori-qoriah terbaik, yang akan ditetapkan sebagai juara dalam setiap cabang lomba atau yang akan mewakili Kabupaten Jayapura pada ajang STQ Tingkat Provinsi Papua yang akan digelar pada 18-20 Juli 2023,” sambungnya.

Pria yang akrab disapa ARB ini berharap kepada seluruh dewan hakim untuk memberikan penilaian secara objektif dan menghindari subjektivitas dalam memberikan suatu penilaian.

“Berdasarkan pengalaman STQ tingkat nasional pada tahun 2020 lalu, Kabupaten Jayapura mewakili Papua dan memperoleh penilaian terbaik sebagai juara umum pertama cabang hifzil 10 juz kategori putri, sehingga itu membuat Papua mendapat penghargaan dari nasional sebagai 10 besar peringkat terbaik,” papar mantan Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura ini didampingi Wakil Ketua I LPTQ Kabupaten Jayapura Mursalim.

“Kami sudah melaporkan kepada pak Pj Bupati dan berkenan pak Pj hadir untuk membuka pelaksanaan STQ XXVII Tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2023 ini,” pungkasnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here