Jumat, Januari 27, 2023

Kakao Dari Grime Nawa Di Kongres Masyarakat Adat

Sentani, MC KMAN VI –  Kakao dari petani di kawasan Grime Nawa yang dikelola dalam berbagai bentuk produksi oleh PT Kakao Kita Papua, ikut menyemarakkan Kongres Masyarakat Adat (KMAN) ke-VI yang berlangsung di Stadion Barnabas Youwe sejak 24 – 30 Oktober 2022.

Produk-produk dari  biji Kakao yang ditampilkan, antara lain: Ice cream, Kakao Bubuk, dan aneka kue serta minuman panas Kakao.

“Semua produk kakao yang kami tampilkan ini, berasal dari biji Kakao milik Petani di Grime Nawa, Kabupaten Jayapura. Kami beli biji Kakao dari petani Rp 28.000/kilo  di Kampung Berab, Klaisu, Aib, dan daerah lain di Grime Nawa. Kami tidak beli dari penada atau pihak lain, tapi kami beli langsung dari petani,” kata Manajer Marketing PT Kakao Kita Papua, Akiko Tsuru.

Akiko Tsuru juga menjelaskan, biji Kakao dari petani itu, kami oleh di Kotaraja, Jayapura. “Produknya, ada yang dijual ada di Cafe Kakao Kita di Jln Jeruk Nipis, Kotaraja, ada juga di Alfa Midi dan kami export ke Jepang melalui Jember di Jawa Timur,” kata Akiko Tsuru.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa PT Kakao Kita Papua dalam usahanya tetap menjadikan petani sebagai mitra terbaik dan bukansekedar objek dalam bisnis. “Kami tidak sekedar bisnis tapi kami tetap berpegang teguh pada keperpihakan terhadap orang kecil, sehingga kami terus memberikan penguatan kapasitas petani, baik dari sisi menejemen keuangan dan pemberdayaan petani,” kata Akiko.

Sumber: MC KMANVI Kab. Jayapura

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here