Minggu, Januari 29, 2023

IKEMAL Papua Usul Pemprov Maluku, Lirik Model Kampung Adat Di Kabupaten Jayapura

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Gema Kebangkitan Masyarakat adat dikabupaten Jayapura, dengan program spektakulernya yaitu Kampung Adat, merupakan suatu fenomena baru yang menggema ke seantero Tanah Air Indonesia, program ini didorong melalui mekanisme sistem Pemerintahan Desa yang mengacu kepada aturan perundang-undangan yang berlaku

Ikemal Maluku menilai, di sini Ada ruang kebebasan, ada pengakuan tersendiri yang diberikan oleh negara kepada Komunitas Masyarakat adat, untuk mengekspresikan nilai-nilai adat – istiadat di wilayah adatnya.

Oleh sebab itu, bagian ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Ikatan Keluarga Besar Maluku yang ada di Provinsi Papua, sehingga mengusulkan kepada pihak Pemprov Maluku untuk melihat model Kampung adat yang diberlakukan di Kabupaten Jayapura.

Kedatangan Wakil Gubernur Provinsi Maluku ke Papua memenuhi undangan Ikemal Papua, tak disangka langsung berpaspasan dengan waktu keberangkatan Bupati Jayapura Mathius Awoitau, S.E., M.Si Minggu 13/11/2022 di bandara Sentani.

Ketua IKEMAL Papua langsung memperkenalkan Bupati Jayapura dengan Wagub Maluku saat itu juga, suasana canda ria itu mengiringi pertemuan itu.

Dalam penyampaiannya Ketua IKEMAL Provinsi Papua
Bung Lukas Cristiam Sohilait, S.T., M.Si seperti yang dilansir di media online http://www.elemuku.com 13/11/2022 bahwa, usai diskusi, Sohilait sebagai perwakilan keluarga besar Maluku memberikan beberapa rekomendasi dan saran, salah satu dari itu ialah pembentukan Desa Adat yang bisa dilakukan di daerah berjuluk ’Negeri Raja-Raja’ Maluku, yang terdiri dari 632 pulau besar dan kecil itu.

Ini pertanda bahwa halayak banyak mulai mahami, arti dari Perjuangan Kebangkitan Masyarakat adat di Kabupaten Jayapura, suatu siklus sosial yang mulai dirubah secara pelan, mereka mendapat kesempatan untuk kembali mengenal jati dirinya yang selama ini hampir tergilas dan punah.

Pertemuan penuh canda ria yang terjadi hari Minggu 13/11/2022, mempererat hubungan kekerabatan antar sesama, saling berbagi cerita dan saling mambangun kesepahaman untuk mewujudkan impian masa depan yang baik dan saling menguntungkan.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here