Selasa, April 16, 2024

HPSN Tahun 2023 Pemda Jayapura Serahkan Kendaraan Sampah dan Gelar Penanaman Pohon

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura serahkan 4 unit truk sampah dan 2 unit kendaraan motor bak sampah guna kelancaran operasional pengangkutan sampah di wilayah kota Sentani dan juga wilayah danau Sentani yang diserahkan langsung oleh Penjabat Bupati Kabupaten Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si bertempat di Kampung Yahim Dermaga Pantai Yahim Rabu pagi (22/01/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Abdul Rahman Basri menyampaikan terkait dengan acara HPSN di Kabupaten Jayapura tahun 2023 yang dilaksanakan di Kelurahan Dobonsolo tepatnya di Kampung Yahim yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat dan kelompok organisasi baik Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi Vertikal, Kanwil Agama, TNI, POLRI, SAR, Organisasi Masyarakat (Ormas) paguyuban-paguyuban, serta komunitas Masyarakat Peduli Sampah, Komunitas Lingkungan Hidup, Komunitas Radio Amatir, Komunitas Pemuda Peduli Sampah, dan juga Pelajar yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Ya tadi sudah dilaksanakan hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan tema Nasional ketuntasan Konteks Masyarakat, dan bapa Pj sendiri sebagai Pembina Upacara sekaligus memberikan sambutan tunggal,” ucap Basri.

Kegiatan HPSN diawali dengan aksi pemungutan sampah di wilayah pantai Yahim baik di darat dan juga di perairan danau dan dilanjutkan dengan pemilahan sampah untuk dibawa ke bank sampah, serta dilaksanakan aksi penanaman pohon di wilayah sekitar pantai Yahim Sambung Kadis DLH saat ditanya oleh wartawan bertempat di lokasi Musrenbang Distrik Wilayah Pembangunan (WP) I.

Dalam kegiatan hari peduli sampah nasional yang digelar di pantai masyarakat dihimbau agar selalu membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan untuk membuang sampah pada tempat sampah.

Basri mengungkapkan bahwa dalam pengurangan sampah di wilayah-wilayah tertentu maka pihak Dinas Lingkungan Hidup akan membangun tempat sampah di daerah-daerah yang menjadi sasaran masyarakat dengan jumlah banyak dan akan berupaya membangun tempat pembakaran sampah di setiap kampung,” jelasnya.

Basri juga berharap agar melalui kegiatan HPSN ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk berpikir menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar untuk tidak membuang sampah dengan sembarangan.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here