Minggu, Juli 21, 2024

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Katakan Perhatian Semua Pihak

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni. Dari lembaga DPRD diundang Pemerintah Kabupaten Jayapura memperingati hari lingkungan hidup sedunia dengan berbagai kegiatan positif yang di pusatkan di Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Senin, 10/06/2024.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura Cintiya Ruliani Talantan menyampaikan ada beberapa kegiatan yang dilakukan pemerintah diantaranya, melakukan penanaman pohon, praktek pilah sampah, peresmian gedung Online Monitoring di mana Kementerian Lingkungan Hidup sebagai pelaksana.

Cintiya menjelaskan kegiatan memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang dilakukan Pemkab Jayapura sangat baik. Namun kegiatan yang baik ini jangan hanya dilakukan di moment-moment tertentu melainkan rutin dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

“Yang kita lakukan hari ini sangat baik sekali, dari menanam pohon, praktek pilah sampah, sehingga kabupaten Jayapura tetap terlihat asri dan bersih,” ujarnya.

Menurutnya dinas terkait belum optimal dalam melakukan pembersihan sampah, terutama di jalan utama, lingkungan perumahan tempat tinggal, pembersihan sampah semakin intens dilakukan.

Menurutnya pembersihan yang dilakukan sudah baik, namun belum maksimal. Sehingga ini yang harus lebih diperhatikan terlebih sampah yang berada di daerah perkotaan.

Cintiya juga mengajak masyarakat agar memiliki kepedulian menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Belum adanya Perda terkait ketegasan atau sanksi kepada masyarakat yang tidak mengikuti Perda dan hal itu menjadi perhatian kita bersama.

“Perda terkait denda atau sanksi tentang pembuangan sampah, seperti di daerah lain, di mana mobil harus memiliki tempat sampah, hal itu belum ada,” ungkapnya.

Ke depan melalui dinas terkait dapat menyediakan tempat sampah di fasilitas umum, sehingga masyarakat akan mudah mendapatkan tempat sampah.

“Serta mengajarkan masyarakat untuk membuang sampah ada tempatnya,” pungkasnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here