Kamis, Agustus 18, 2022

Hari Ini, Bappeda Kabupaten Jayapura Gelar Musrenbang RKPD 2023

Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) pada Senin, 11 April 2022 menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah – Rencan Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) untuk tahun rencan 2023.

Gelaran Musrenbang RKPD ini dilaksanakan dalam rangka penyelarasan program, kegiatan dan sub kegiatan dari masing-masing perangkat daerah dengan hasil Musrenbang RKPD di tingkat distrik yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Termasuk penyelarasan dengan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Jayapura dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Jayapura untuk Tahun Anggaran 2023.

Demikian dikatakan Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota, saat dikonfirmasi wartawan media online ini, di Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Ahad 10 April 2022.

“Memang untuk Musrenbang RKPD 2023 yang kita laksanakan di tahun 2022 ini, coba kita rubah format untuk Musrenbang di tingkat distrik. Yang mana, dulunya Musrenbang tingkat distrik itu dilakukan masing-masing distrik. Namun untuk tahun 2022 ini, kita kumpulkan masing-masing distrik itu per wilayah pembangunan. Kenapa begitu, karena ada distrik satu dan lainnya mempunyai karakteristik yang sama. Misalnya, distrik yang ada di wilayah pembangunan satu itu punya karakteristik dan arah yang sama,” jelas Parson Horota.

“Sehingga kita coba lihat, lalu untuk mengetahui usulan-usulan distrik dari satu wilayah pembangunan itu apa saja yang diusulkan. Kemudian, yang kedua adalah bagaimana bisa menghubungkan dua distrik atau beberapa kampung dalam satu distrik, itulah yang kita coba lakukan Musrenbang RKPD di tingkat distrik dengan membagi per wilayah pembangunan,” jelasnya menambahkan.

Untuk kegiatan Bappeda Kabupaten Jayapura di hari Senin, 11 April 2022, kata Parson, adalah kegiatan Musrenbang RKPD 2023 yang dibahas atau dilakukan di tahun 2022.

“Besok itu kami lakukan Musrenbang RKPD tahun anggaran 2023, yang kita lakukan di tahun 2022. Musrenbang RKPD 2023 ini dalam rangka mensinkronkan hasil Musrenbang di tingkat distrik yang telah dilakukan sebelumnya dengan cara membagi per wilayah. Sehingga usulan-usulan dari 19 distrik di empat wilayah pembangunan itu coba di rangkum dengan masing-masing bidang seperti infrastruktur, ekonomi, sosial budaya dan pemerintahan itu kita rangkumkan semuanya,” kata mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura.

“Sehingga apa yang menjadi kebutuhan setiap distrik di wilayahnya itu dapat tercover dengan baik. Sekaligus juga kita siapkan dokumen RKPD untuk tahun rencana 2023, karena dokumen ini rencananya akan dikerjakan oleh karateker (Bupati Jayapura),” tukas Parson Horota.

Share to

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here