Senin, Januari 30, 2023

Hadiri HUT KKSS ke 46, Bupati Jayapura Apresiasi KKSS yang Gelar Festival Kuliner dan Budaya

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., saat menabuh Tifa sebagai tanda dibukanya Festival Kuliner dan Budaya dalam rangka memperingati HUT KKSS ke 46 tahun 2022 yang digelar oleh BPD KKSS Kota Jayapura, di Taman Imbi, Kota Jayapura, Papua. Sabtu, 12 November 2022

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Jayapura Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd., menghadiri acara HUT KKSS yang ke 46 bertempat di Taman Imbi, Kota Jayapura, Papua, Sabtu, 12 November 2022.

Dalam kegiatan ini hadir juga Pj. Walikota Jayapura Frans Pekey, Anggota DPRP Yonas Nussy, Anggota DPRP yang juga Ketua DPP KKMB Provinsi Papua H. Darwis Massie, Ketua HKJM Provinsi Papua H. Sarminanto, Ketua BPD KKSS Kota Jayapura Ir. H. Junaedi Rahim, IAI, Ketua-ketua BPC dan Ketua-ketua pilar KKSS se- Kota Jayapura.

Pada peringatan HUT KKSS ke 46 tahun 2022 ini Festival Kuliner dan Budaya Sulawesi Selatan yang diikuti puluhan pilar yang ada di KKSS, badan otonom KKSS, sejumlah instansi pemerintah daerah, pihak PMI, pihak perbankan, pihak pegadaian dan Paguyuban Maluku.

Ketua BPD KKSS Kota Jayapura Ir. H. Junaedi Rahim, IAI, mengatakan, festival kuliner dalam rangka HUT KKSS yang ke 46 ini melibatkan 35 stand yang terdiri dari pilar-pilar KKSS, sejumlah instansi Pemerintah Daerah, perbankan dan Paguyuban Maluku.

“Ada 35 stand, dari pilar itu 18, juga ada dari instansi pemerintah daerah termasuk Dinas Dukcapil Kota Jayapura dan Dinas Pariwisata Jayawijaya, kemudian ada PMI, pihak perbankan ada 3 stand serta satu stand dari kerukunan Maluku Satu Rasa (M1R) Bersatu,” kata pria yang juga Anggota DPRP dari Partai Berkarya ini.

Apresiasi tinggi diberikan oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., kepada pengurus KKSS dan warga Sulawesi Selatan yang penuh semangat dan kesadaran untuk menampilkan ragam kuliner khas Sulawesi Selatan dan juga atraksi budaya Sulawesi Selatan yang indah dan menunjukkan eksistensinya di tanah Tabi, Provinsi Papua.

“Ya, ini luar biasa. Kita memberikan apresiasi ya, atas nama pemerintah di wilayah adat Tabi dari Mamberamo Raya sampai di Keerom. KKSS sudah menunjukkan eksistensinya, karena ini beragam menu kuliner khas Sulawesi Selatan yang luar biasa,” ucap Bupati Jayapura dua periode ini.

Apalagi, kata MA sapaan akrabnya, dengan penampilan beberapa pemudi dari Sulawesi Selatan yang dengan polosnya menari sambil bercengkrama dengan temannya.

“Tetapi, tadi juga kita saksikan budaya Nusantara dan saya pikir masyakat kita di wilayah adat Tabi itu mereka sebenarnya membutuhkan suasana-suasana seperti ini. Yakni, suasana suka cita dan suasana kegembiraan. Tetapi, juga berkualitas bisa menyaksikan banyak hal budaya-budaya Nusantara yang luar biasa. Hal ini menunjukkan KKSS atau warga Sulawesi Selatan di Papua ini kompak,” katanya.

“Kami berharap penampilan atraksi budaya dan kuliner ini terus kita dorong, supaya lebih banyak orang akan mencintai produk asli dari daerah masing-masing. Saya pikir ini kekuatan kita dalam menghadapi krisis pangan yang akan datang. Karena kita bisa bergantung pada siapapun, tetapi kita punya jati diri dengan makanan khas dan budaya kita. Jadi, kita harus bangkit terus bertahan dalam situasi apapun,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Mathius pun mengajak semua masyarakat di wilayah adat Tabi, Provinsi Papua ini untuk dapat hidup berdampingan satu sama lain dengan aman dan harmonis.

“Di dalam festival kuliner dan budaya ini juga ada partisipasi dari beberapa pihak juga, baik itu dari paguyuban Maluku, dinas-dinas di Kota Jayapura dan Jayawijaya. Mungkin ke depan paguyuban lain juga bisa berkolaborasi dan berpartisipasi, karena Kota Jayapura juga sangat beragam dan mereka bisa menikmati apa saja yang ada disini. Sebagai Pemerintah Daerah, kita memberikan apresiasi. Karena ini cara-cara dari kita sendiri untuk membangkitkan perekonomian daerah dan kita tidak bergantung dengan siapapun,” ujarnya.

“Mudah-mudahan KKSS menjadi contoh untuk paguyuban-paguyuban lain yang ada di tanah Papua,” papar Mathius menambahkan.

Bupati Mathius juga menyampaikan selamat HUT KKSS ke 46 dan menyampaikan terima kasih atas pengabdian panjang yang telah ditunjukkan warga masyarakat KKSS yang mengabdi di Papua dalam berbagai profesi.

“Dirgahayu KKSS ke 46 tahun buat KKSS Kota Jayapura dan Ewako,” tutup Ketua DPW Partai NasDem Papua ini.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here