Jumat, Januari 27, 2023

Gustaf Memberikan Materi Kuliah Umum Kepada Ratusan Mahasiswa STMIK Umel Mandiri

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T., saat membawakan materi kuliah umum.

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer (STMIK) Umel Mandiri Jayapura melaksanakan kuliah umum, yang berlangsung di Aula Kampus STMIK Umel Mandiri Jayapura, Rabu, 31 Agustus 2022.

Adapun yang menjadi narasumber dalam acara tersebut yaitu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, S.T. Adapun tema kegiatan kuliah umum yaitu, “Membangun Potensi Diri Melalui Literasi Digital dalam Menciptakan Sumber Daya Pendidikan Berbasis MBKM”.

Kegiatan kuliah umum dihadiri para dosen dan mahasiswa-mahasiswi baru.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T., kepada wartawan media online mengatakan, ada beberapa potensi literasi digital yang pihaknya sampaikan kepada para mahasiswa-mahasiswi baru di STMIK Umel Mandiri Jayapura.

Potensi literasi digital ini seperti literasi untuk UMKM, literasi untuk kampus, literasi untuk sekolah, kemudian literasi untuk pariwisata dan juga literasi budaya.

“Ya, tadi kami ikut dan membawakan materi kuliah umum di kampus STMIK Umel Mandiri Jayapura tentang membangun potensi diri melalui literasi digital dalam menciptakan sumber daya pendidikan berbasis merdeka belajar – kampus merdeka atau (MBMN, bagaimana kita menyampaikan dalam kuliah umun kepada adik-adik mahasiswa baru itu mempunyai kepercayaan diri dalam dunia literasi atau digital sebagai mahasiswa IT ketika dia tampil beda dari mahasiswa lainnya,” ujar Gustaf Griapon, saat ditemui usai kegiatan Kuliah Umum STMIK Umel Mandiri, Kabupaten Jayapura, Rabu, 31 Agustus 2022.

Lanjut Gustaf menyampaikan, untuk masa sekarang ini dan masa yang akan datang bagi pengguna digital itu menjadi peluang baru bagi para pencari kerja di Indoneia. Kebutuhan saat ini bukan hanya kebutuhan sandang, pangan dan papan saja yang dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi juga kebutuhan untuk mendapatkan informasi.

Dalam memasuki era digital, masyarakat harus merubah pola pikir, serta perilaku setiap individu harus merubah perilaku sesuai dengan perkembangan jaman.

“Jadi, mahasiswa IT bukan harus menjadi sekedar mahasiswa yang datang ke kampus dan pulang begitu saja. Namun ada banyak referensi-referensi yang bisa di adopsi dari dunia digital seperti Youtube dan belajar internet di lab kampus. Sehingga itu untuk pengembangan-pengembangan diri bagi mahasiswa IT dalam dunia literasi digital,” katanya.

Melalui kuliah umum ini diharapkan kepada mahasiswa/i IT di STMIK Umel Mandiri ini, untuk dapat meraih peluang di era digital. Hal tersebut harus dibarengi dengan skill dan ijazah dan sertifikat profesi, karena sertifikat profesi sangat berguna bagi anda untuk mendapatkan pekerjaan.

“Dengan harapan, kami harap kepada mahasiswa/i yang baru di STMIK untuk dapat menjadi bagian dari perubahan kemajuan daripada teknologi tersebut. Jangan sampai terpengaruh dengan conten-conten yang sifatnya dapat merusak daripada moral mahasiswa sekalian,” harapnya.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan penyerahan plakat atau cinderamata oleh perwakilan STMIK Umel Mandiri Jayapura kepada Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T.

Usai acara, Gustaf Griapon yang juga Koodinator Infokom Panitia Lokal KMAN VI 2022 itu mempresentasikan kegiatan KMAN VI yang akan dilakukan di Wilayah Adat Tabi, Jayapura, Papua, pada 24-30 Oktober 2022 mendatang.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here