Kamis, Mei 23, 2024

Gunakan Dana Otsus Disnakertrans Kabupaten Jayapura Segera Gelar Pelatihan Satpam dan Pembuatan Perahu Fiber

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kabupaten Jayapura, Esau Awoitauw

SENTANI, ppid.jayapurakab.go.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Jayapura dalam waktu dekat akan melakukan pelatihan untuk calon satuan pengamanan (Satpam) dan pelatihan pembuatan perahu fiber. Ini dilakukan agar masyarakat Kabupaten Jayapura mendapatkan pekerjaan dan memiliki keterampilan, hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kabupaten Jayapura, Esau Awoitauw saat diwawancara, di Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Rabu 25/10/2023.

Esau menjelaskan pelatihan yang segera dilakukan menggunakan dana otonomi khusus (Otsus) sebesar 850 juta, dengan melibatkan puluhan orang akan dibekali dan dilatih untuk menjadi Satpam.

“Untuk pelatihan pembuatan perahu fiber itu, nanti kegiatannya dilaksanakan di Demta. Karena ini kita lagi usahakan agar dananya sudah ada paling lambat minggu ini untuk bisa kita laksanakan dalam waktu dekat.

“Kita belum data pastinya siapa saja yang akan ikut pelatihan security (Satpam), karena banyak sekali peminatnya. Apalagi setiap hari masyarakat ini tinggal tanya di dinas kapan pelaksanaan pelatihan tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah calon tenaga kerja tersebut dibagi dalam dua kelompok pelatihan. Pelatihan tersebut direncanakan pada pekan depan.

Ia juga sudah bicara dengan kepala keuangan, untuk segera proses dana yang digunakan untuk pelatihan tersebut.

“Pelatihan ini juga boleh diikuti oleh perempuan, seperti yang kemarin saya lihat di Kota Jayapura itu ada perempuan yang ikut dalam pelatihan security,” ungkapnya.

“Karena ini tahap awal dan pemula, sehingga pak Pj Bupati perintahkan untuk membuat pelatihan security bagi masyarakat Kabupaten Jayapura. Karena kita fokuskan pada masyarakat Kabupaten Jayapura yang masih banyak belum mendapat pekerjaan (menganggur),” sambungnya.

Share to

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here